Rias Pengantin

Rias Pengantin

Rias pengantin adalah seni melukis wajah yang sering disebut Makeup. Riasan ini bisa digunakan oleh mempelai wanita atau mempelai pria. Tentu tujuannya untuk membuat kesan yang berbeda alias bikin orang pangling. Rias pengantin juga digunakan untuk kesan fresh pada mempelai. Banyak yang salah mengartikan soal rias pengantin nih. Katanya, riasan pengantin hanya sebatas Makeup pada wajah. Padahal, rias pengantin tidak hanya merias wajah saja lho. Melainkan tatanan rambut atau hijab. Ternyata, riasan pengantin ada berbagai macam konsep lho. Penasaran seperti apa? Yuk simak!

Rias Pengantin Jawa

Rias Pengantin Jawa

Seorang wanita yang menikah dengan konsep pernikahan Jawa, tentu nggak akan melupakan paes yang ada pada wajah. Paes adalah riasan hitam berupa lekukan-lekukan di dahi perempuan hingga ke pipi. Paes Ini terbuat dari pidih, yang merupakan campuran malam (sejenis lilin) dan bersifat nggak kering tapi juga nggak meleleh juga. Pada adat Jawa, Paes memiliki makna berupa doa dan tuntunan untuk sang perempuan, lho.

baca juga

Rias Pengantin Sunda

Rias Pengantin Sunda

Beralih ke riasan pengantin Sunda, ternyata ini berbeda lho dengan adat Jawa. Rias pengantin Sunda ini memiliki ciri khas mahkotanya yang disebut mahkota siger. Mahkota ini memiliki arti rasa hormat dan bijaksana dalam sebuah pernikahan lho. Ada juga potongan belah ketupat daun sirih yang ditempelkan pada dahi, tepatnya di antara kedua alis. Mitosnya, ini dapat mengangkal kesialan atau menolak bala.

Rias Pengantin Modern

Rias Pengantin Modern

Belakangan ini, banyak pengantin perempuan yang memilih konsep rias pengantin modern. Soalnya, mereka dapat lebih percaya diri dengan konsep Makeup yang mereka pilih. Pada 2019 ini, konsep Makeup natural fresh look dan nudie look menjadi incaran banyak wanita. Dengan memamerkan riasan yang simpel namun elegan ini, seorang pengantin perempuan akan terlihat lebih cantik dari biasanya lho.

baca juga

Rias Pengantin Muslim

Rias Pengantin Muslim

Terakhir adalah riasan pengantin Muslim. Pasti banyak deh dari kamu yang bertanya-tanya riasan seperti apa ya yang cocok denganmu? Mengenakan hijab bukanlah menjadi suatu masalah untukmu lho. Di tangan MUA, hijabmu bisa dihias sedemikian cantik dan menarik seperti dibuat mahkota. Untuk di bagian wajah, MUA akan menyulap matamu menjadi mata barbie dengan penggunaan bulu mata badai dan eyeliner yang tegas. Konsep Makeup-nya lebih ke Barbie look.

Setelah membaca artikel ini, kira-kira riasan mana yang akan kamu gunakan?