Tepung kanji atau biasa juga disebut tepung tapioka adalah tepung pati yang di ekstrak dari umbi singkong. Karena teksturnya yang kesat, ringan, dan mudah melekat, tepung kanji biasa digunakan sebagai pengenyal dan perekat alami dalam makanan. Makanan yang memanfaatkan tepung kanji di antaranya yaitu bakso, tepung kanji akan dicampur ke dalam adonan bakso agar bakso menjadi kenyal dan tidak pecah ketika direbus. Selain bakso, makanan lain yang menggunakan tepung kanji adalah otak-otak, pempek, dan berbagai camilan khas Sunda seperti cimol, cilok, dan batagor.

Kandungan dalam tepung kanji cukup kaya, di dalamnya terkandung vitamin K dan zat besi yang baik untuk memperkuat tulang. Tepung kanji juga memiliki gluten yang rendah, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti terigu bagi yang sedang menjalani diet gluten. Selain manfaat-manfaat di atas, tepung kanji ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit bayi lho moms. 

Tahu Nggak Sih, Moms? Tepung Kanji Bisa Atasi Biang Keringat Bayi Loh!

Manfaat Tepung Kanji untuk Kulit Bayi

Salah satu masalah yang kerap ditemui pada kulit bayi adalah biang keringat. Biang keringat muncul pada bayi disebabkan karena kulit bayi yang masih sangat sensitif terhadap suhu. Kelenjar keringat bayi belum berkembang dengan sempurna, akhirnya ketika bayi berada pada suhu yang panas keringat yang seharusnya keluar malah terperangkap di bawah kulit. Hal inilah yang menyebabkan benjolan-benjolan dan ruam pada saat bayi terkena biang keringat. Sensasi panas pada kulit bayi yang terkena biang keringat bisa diatasi dengan tepung kanji yang bersifat dingin.

Manfaat Tepung Kanji untuk Kulit Bayi
baca juga

Mengenal Biang Keringat pada Bayi Lebih Dalam

Biang keringat pada bayi muncul dalam bentuk benjolan-benjolan kecil berwarna merah yang sangat rentan lecet. Biasanya gejala ini muncul di area wajah, leher, dan lipatan kulit bayi terutama di area popok. Jika ruam biang keringat tak segera ditangani bisa mengakibatkan infeksi yang menyebabkan nanah. Saat biang keringat bayi telah menjadi lepuhan dengan nanah kuning atau hijau maka wajib bagi orang tua untuk segera memberikan perawatan ruam secara ekstra.

Mengenal Biang Keringat pada Bayi Lebih Dalam

Tepung Kanji untuk Atasi Biang Keringat

Untuk mengatasi rasa panas ketika bayi terkena biang keringat, moms bisa memastikan agar bayi tetap berada pada suhu yang nyaman. Lakukan dengan cara mengatur suhu udara AC pada ruangan, dan menghindari lapisan pakaian yang terlalu bayak pada bayi. Agar bayi lebih nyaman, moms bisa juga memandikannya dengan air hangat untuk menenangkan kulit yang terasa gatal dan panas.

Jangan lupa mengeringkan tubuh bayi secara tepat setelah mandi, dan untuk menghindari bayi merasa panas kembali setelah mandi moms bisa membaurkan masker tepung kanji di daerah yang terkena biang keringat.

Tepung Kanji untuk Atasi Biang Keringat
baca juga

Cara Mengatasi Biang Keringat dengan Tepung Kanji

Setelah selesai memandikan bayi dan mengeringkannya dengan handuk, moms bisa langsung mengoleskan masker tepung kanji. Cara membuatnya sangat mudah, moms hanya perlu mencampur tepung kanji dengan air hingga berbentuk adonan seperti masker. Saat memakai masker tepung kanji ini, usahakan agar kulit bayi terhindar dari keringat, karena kulit yang berkeringat akan dapat melunturkan masker yang telah dioles.

Cara Mengatasi Biang Keringat dengan Tepung Kanji