Dampak Positif Nikah Muda

Menikah di usia muda sering dipermasalahkan mengenai kesiapan dari aspek umur. Namun sebenarnya, banyak juga manfaatnya.

  1. Melatih tanggung jawab dan tumbuh dewasa bersama. Menikah muda berarti berani bertanggung jawab terhadap pilihannya. Pasangan tidak lagi bergantung pada orang tua, melainkan bertanggung jawab terhadap peranan masing-masing di dalam rumah tangga sebagai suami dan istri. Dengan demikian, suami dan istri tumbuh dewasa bersama.
  2. Melatih kecerdasan emosional dan spiritual. Menikah muda membuat pasangan saling menyesuaikan diri dan mengendalikan diri melalui perbedaan yang dimiliki. Ini akan melatih kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) dalam diri masing-masing.
  3. Bebas melakukan hal seru bersama. Usia muda dan energik membuat masih ingin melakukan banyak hal yang seru dan bebas. Dengan menikah muda, pasangan bisa melakukan banyak hal seru bersama, seperti travelling, tentu melalui diskusi dan kesepakatan, namun tidak lagi atas campur tangan orang tua.
  4. Terhindar dari hubungan bebas. Menikah muda menghindarkan diri dari risiko pergaulan bebas yang melanggar ajaran agama dan norma sosial.
Dampak Positif Nikah Muda
source: http://youworkforthem.com

Dampak Negatif Nikah Muda

Apabila belum benar-benar siap, sebaiknya jangan nekat untuk menikah muda. Berikut ini dampak negatifnya.

  1. Motivasi belajar menurun dan bisa berdampak pada pekerjaan. Menikah muda dapat mengendurkan motivasi belajar karena banyaknya tugas dan tanggung jawab di dalam rumah tangga. Ini juga akan mempengaruhi pekerjaan yang didapatkan dan berdampak pada finansial.
  2. Risiko terjangkit penyakit kandungan. Wanita yang menikah dini banyak menderita penyakit kandungan berupa infeksi kandungan dan kanker mulut. Selain itu, wanita yang hamil di bawah usia 19 tahun memiliki risiko kematian yang tinggi.
  3. Menurunkan harmonisasi rumah tangga. Pasangan yang menikah di usia muda cenderung memiliki emosi yang masih labil, gejolak darah muda, dan cara pikir yang belum matang. Ini dapat menurunkan keharmonisan rumah tangga.
Dampak Negatif Nikah Muda
source: http://panduanwisata.id/
baca juga

Tips Menikah Muda

Mengetahui dampak positif dan negatif membuat berpikir lagi untuk menikah muda. Sebelum menikah muda, simak tipsnya berikut ini.

  1. Belajar mengendalikan emosi dan menghargai pendapat orang lain.
  2. Bertanggung jawab terhadap setiap pilihan yang diambil.
  3. Banyak membaca dan mendengar tentang kehidupan rumah tangga.
  4. Membiasakan diri berkomunikasi yang baik.
  5. Belajar untuk selalu jujur.
  6. Siap secara finansial.
Tips Menikah Muda
source: https://media.allure.com/