Apa Sih Tepung Kanji?

Apa Sih Tepung Kanji?

Tepung kanji terbuat dari singkong yang dikeringkan lalu digiling hingga menjadi tepung. Biasanya, tepung kanji ini disebut tepung tapioka atau aci dalam bahasa sunda. Sekilas, memang tepung kanji ini tidak dapat dibedakan dengan tepung lainnya. Namun biasanya tepung kanji memiliki tekstur yang kesat, ringan dan mudah melekat. Biasanya tepung kanji digunakan sebagai perekat pada makanan bahkan dijadikan sebagai lem. Meskipun begitu, ternyata tepung kanji ini memiliki banyak manfaat lho, Moms.

Manfaat Tepung Kanji

baca juga

1. Tepung Kanji untuk Kesehatan

1. Tepung Kanji untuk Kesehatan

Tepung kanji cukup berkhasiat untuk kesehatan. Tepung kanji mengandung vitamin K dan zat besi sehingga cukup baik untuk memperkuat tulang. Tepung kanji juga bisa digunakan dalam program diet terutama untuk menambah berat badan. Selain itu, tepung kanji dikenal sebagai penyuplai energi. Manfaat lainnya adalah menyehatkan pencernaan, melancarkan sirkulasi darah, dan menambah massa otot.

2. Tepung Kanji untuk Wajah

2. Tepung Kanji untuk Wajah

Tak hanya baik untuk kesehatan, ternyata tepung kanji juga berkhasiat untuk wajah. Apa saja sih khasiatnya?

  1. Memudarkan flek hitam di wajah
  2. Mengatasi jerawat
  3. Menghaluskan kulit wajah
  4. Melembabkan kulit wajah dan
  5. Mencerahkan kulit
Bila dilihat dari manfaat yang ditawarkan, cukup menggiurkan ya, Moms. Lalu bagaimana caranya? Mudah saja, Moms hanya perlu menjadikan tepung kanji sebagai masker. Daripada bingung, baca sampai habis ya Moms.
baca juga

Cara Membuat Masker dari Tepung Kanji

Cara Membuat Masker dari Tepung Kanji

Ada beberapa cara nih Moms yang bisa Moms pilih sesuai keinginan

  1. Tepung kanji dan air, cara ini sangat mudah dan simple. Moms hanya perlu mengencerkan tepung kanji dengan air dingin. Jangan terlalu encer ya Moms agar dapat menempel di kulit. Aplikasikan sebagai masker dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air.
  2. Tepung kanji dan putih telur, penambahan putih telur dapat menambah nutrisi pada masker yang Moms buat. Cukup campurkan tepung kanji dengan putih telur dan tambahkan sedikit air agar dapat tercampur dengan sempurna. Aplikasikan sebagai masker dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air.
  3. Tepung kanji dan madu, selain putih telur, Moms juga bisa menambahkan madu sebagai pelembab alami juga agar masker yang Moms buat semakin extra melembabkan. Cukup campurkan tepung kanji dengan 2 sendok makan madu, aduk hingga rata. Aplikasikan sebagai masker dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air.
Cukup mudah kan Moms, hasil yang nyata akan di dapatkan ketika Moms rutin menjalaninya. Untuk hasil yang optimal, Moms bisa melakukan scrubbing terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan masker. Itung-itung facial di rumah kan, Moms.