Menurut studi dari Harvard School of Public Health, golongan darah non-O termasuk A, B dan AB memiliki risiko penggumpalan darah 60-80% yang dapat menyebabkan penyakit lain timbul. Bahkan penelitian lain menyebutkan bahwa golongan darah B memiliki risiko peradangan yang sangat tinggi. Hal ini lah kenapa si pemilik golongan darah B rentan terhadap penyakit tertentu. Apa saja kira-kira?

1. Jantung

1. Jantung

Serangan jantung dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Selain karena pola hidup, ternyata serangan jantung dapat dipicu oleh golongan darah yang dimiliki. Menurut European Society of Cardiology, bahwa salah satu penyebab serangan jantung pada pria adalah sesuatu yang tidak bisa kita kendalikan, yaitu golongan darah.

Ternyata, pemilik golongan darah B memiliki protein pembekuan darah lebih tinggi, yang membuat penyumbatan arteri yang merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung. Selain itu, golongan darah B memiliki kecenderungan untuk memiliki kolesterol yang tinggi.

baca juga

2. Diabetes

2. Diabetes

Para peneliti dari Perancis menemukan bahwa wanita dengan golongan darah B sangat rentan terkena penyakit diabetes tipe 2. Jika dibandingkan dengan golongan darah lain, golongan darah B memiliki risiko 35% lebih besar terkena penyakit diabetes ini. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menjaga gaya hidup. Bukan hanya untuk golongan darah B, namun gologan darah lain pun tak luput dengan risiko penyakit lainnya.

3. Darah Tinggi

3. Darah Tinggi

Telah kita ketahui sebelumnya Moms, bahwa pemilik golongan darah B memiliki risiko penyakit jantung yang tinggi akibat tingginya kandungan protein dalam darah yang dapat menyumbat arteri. Hal ini ada kaitannya dengan penyakit darah tinggi yang disebabkan adanya ketidakstabilan pada dinding arteri.

baca juga

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Rasanya itu adalah pepatah yang paling cocok untuk penyakit jantung ini. Meskipun penyakit jantung tidak dapat dihindari, tapi tetap dapat dicegah dengan cara-cara berikut Moms.

1. Menjaga Pola Makan

1. Menjaga Pola Makan

Pola makan yang sehat dapat sangat berkontribusi terhadap pencegahan penyakit jantung. Konsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan bersantan dan tinggi lemak. Ada banyak makanan yang memiliki kandungan lemak baik yang sangat baik untuk jantung seperti kacang almond, oatmeal, alpukat dan lain-lain.

2. Olahraga Teratur

2. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur terbukti dapat menyehatkan jantung. Tak perlu olahraga yang sulit dan berat. Moms hanya perlu membiasakan untuk berjalan kaki secara rutin atau bahkan berlari. Hal ini dapat membuat jantung memompa darah lebih baik sehingga sirkulasi darah tidak mudah tersumbat. Berjalan kaki di taman sambil menikmati pemandangan dapat dijadikan alternatif Moms.

3. Pola Tidur yang Baik

3. Pola Tidur yang Baik

Pola tidur pun tak kalah penting untuk menghindari kita dari penyakit jantung. Tidur teratur dapat menurunkan tingkat stress dan kelelahan yang di derita. Stress ini lah yang dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat berdampak juga pada kesehatan jantung. Tidur 7 jam per hari sangat di anjurkan ya, Moms.