Cabe Gendot Dieng


Cabe Gendot Dieng banyak ditemui di dataran tinggi kawasan Dieng, Wonosobo. Cabe ini memiliki ukuran mini namun gendut dengan tekstur halus. Selain itu, warna cabenya cenderung cerah seperti orange muda dengan biji yang hitam di dalamnya. Cabe ini terkenal sangat pedas setara dengan cabai habanero yang memiliki tingkat kepedasan hingga 350.000 skala scoville. 
 

Cabe Gendot Dieng
source: https://redransel.wordpress.com/


 

Cabe Gendot Bandung


Berbeda dengan Cabe Gendot Dieng yang memiliki warna cerah, Cabe Gendot Bandung memiliki warna hijau tua dengan bentuk yang gendut dan cenderung bulat. Cabe ini memiliki tekstur yang lebih kasar dengan daging cabe sedikit tebal. Cabe Gendot Bandung juga tak kalah pedas dengan tingkat kepedasan mulai dari 100.000-350.000 skala scoville. Nah, apakah Moms berani mencobanya?

Cabe Gendot Bandung
source: https://www.bukalapak.com/


 

baca juga

Cabe Gendot Garut


Hampir sama dengan Cabe Gendot Bandung, Cabe Gendot Garut memiliki bentuk yang sedikit memanjang dengan tekstur halus seperti paprika. Hidup di dataran tinggi wilayah Garut, cabe ini tidak kalah pedas dengan cabe gendot lainnya. Cabe ini sangat cocok diolah untuk masakan seperti tumis-tumisan dan Moms hanya perlu dua biji saja untuk membuat masakan menjadi sangat pedas.

Cabe Gendot Garut
source: https://www.bukalapak.com/


 

Cabe Gendot Pedas


Cabe gendot memiliki sebutan lain yaitu Aji Chombo atau Cabe Cina, dan selevel dengan Cabe Habanero yang berasal dari Kuba. Cabe gendot hanya tumbuh di daerah subur dengan PH sedikit asam sebesar 5-6.

Oleh karenanya, cabe gendot hanya ditemui di wilayah-wilayah dataran tinggi. Cabe yang memiliki nama ilmiah Capsium chinense ini mengandung capsaicin yaitu bahan kimia yang merangsang ujung syaraf untuk menerima pedas di lidah hingga 350.000 skala satuan scoville.

Cabe Gendot Pedas
source: https://www.faunadanflora.com/


 

baca juga

Cabe Gendot Isi Daging


Moms suka menyantap camilan pedas? Salah satu yang bisa dicoba adalah cabe gendot isi daging. Camilan ini tergolong mudah untuk dibuat di rumah. Pertama, belah cabe gendot menjadi dua bagian dan bersihkan dari bijinya. 

Lalu daging cincang yang sudah dihaluskan dengan bermacam bumbu, dimasukan dalam belahan cabe gendot. Untuk memasaknya, Moms perlu melumurinya dengan tepung bumbu serbaguna sebelum dimasukan ke wajan yang berisi minyak panas. Setelah matang, sajikan bersama saus sambal maupun mayones.

Cabe Gendot Isi Daging
source: https://dentistvschef.wordpress.com/

Nah, ternyata macam cabe gendot ini beragam ya Moms. Kira-kira Moms sudah tertarik mencoba membuat camilan pedas berbahan cabe gendot belum, nih? Selamat mencoba, ya!