Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Anggur Merah? Apa Saja Bahaya dan Manfaatnya?

Hai, Moms! Untuk mengatasi mual dan ngidam, biasanya dalam kehamilan kita cenderung ingin mengonsumsi buah-buahan segar dengan rasa asam dan manis. Salah satu yang jadi favorit adalah buah anggur merah. Tapi, tahu nggak sih, Moms. Ternyata ada bahaya di balik kesegaran buah anggur merah untuk Moms yang sedang hamil, lho!

Jadi, sebenarnya bolehkah ibu hamil makan buah anggur merah? Dan apakah manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil yang wajib Moms ketahui? Simak ulasannya, yuk!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Anggur Merah? Apa Saja Bahaya dan Manfaatnya?

Bahaya dan Manfaat Buah Anggur Merah untuk Ibu Hamil

Buah anggur merah atau Vitis vinifera ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi buah anggur merah seperti vitamin, mineral, antioksidan, serat, pektin, asam folat dan asam organik sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil yang didapat dari kandungan nutrisinya antara lain adalah:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Melancarkan pencernaan
  • Merilekskan otot
  • Menghindarkan Asma
  • Menjaga kesehatan gigi
  • Mengontrol kadar kolesterol dalam darah
  • Meningkatkan kadar hemoglobin
  • Mencegah pembekuan darah
  • dan melindungi jantung
Jika diperhatikan, aneka manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil ini semuanya baik ya, Moms? Lantas, di mana letak bahayanya?

Ternyata Moms, bahaya konsumsi buah anggur merah untuk ibu hamil terletak pada keberadaan zat resveratrol yang dikandung oleh buah anggur merah. Apakah zat resveratrol ini? Dan mengapa zat resveratrol pada buah anggur merah berbahaya bagi ibu hamil?

Begini penjelasannya, Moms...

Ternyata, ada aturan konsumsi buah anggur merah untuk ibu hamil yang wajib Moms ketahui. Salah satu aturan konsumsi buah anggur merah untuk ibu hamil adalah dengan menghindari makan anggur merah di trimester pertama. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena buah anggur merah menghasilkan panas.

Sementara itu, konsumsi buah anggur merah yang berlebihan berpotensi meningkatkan aktifitas resveratrol. Resveratrol adalah senyawa yang dihasilkan oleh tanaman sebagai respon terhadap masuknya virus dan bakteri patogen. Jika berada dalam dosis rendah, zat ini memiliki kemampuan meningkatkan kelangsungan hidup sebuah sel. Sebaliknya, dalam dosis yang tinggi, resveratrol justru akan meningkatkan kematian sel, dalam hal ini adalah keguguran pada ibu hamil.

Inilah yang kemudian menimbulkan anggapan bahwa buah anggur merah berbahaya dikonsumsi ibu hamil. Padahal, setelah mendapatkan penjelasan di atas, ternyata cukup jelas ya Moms, bahwa yang dilarang adalah konsumsi buah anggur merah pada trimester awal serta konsumsi buah anggur merah selama kehamilan dalam jumlah berlebihan.

Bahaya dan Manfaat Buah Anggur Merah untuk Ibu Hamil
baca juga

Nah, itulah pembahasan untuk Moms tentang bolehkah ibu hamil makan buah anggur merah? Dan jawabannya adalah boleh, Moms, asalkan tidak berlebihan dan bukan di trimester pertama kehamilan.

Dengan mengetahui aturan konsumsi buah anggur merah untuk ibu hamil ini, semoga Moms jadi lebih tenang, ya, untuk menikmati buah anggur merah secara aman selama masa kehamilan. Sebab, kandungan nutrisi buah anggur merah juga Moms butuhkan lho, untuk mendukung kesehatan Moms dan janin dalam kandungan. 

Semoga kehamilan Moms sehat, lancar dan menyenangkan, ya!