Terang bulan dikenal sebagai kue asal Makassar, tapi di Jakarta dan sekitarnya, kue terang bulan dikenal sebagai martabak manis. Kue terang bulan sendiri sering kita jumpai di pinggir jalan. Biasanya topping terang bulan disajikan dengan mesis, keju, ketan hitam, kacang, dan susu. Namun, seiring berkembangnya zaman dan mengikuti tren, kue terang bulan mulai beraneka macam rasa, bentuk, dan topping.

Di Surabaya sendiri ada terang bulan Holland yang cukup terkenal sekaligus bisa menjadi menu pilihanmu dikala lapar karena terang bulan Holland sendiri buka dari pukul 6 pagi sampai pukul 12 malam. Terang bulan Holland menghadirkan berbagai macam rasa dan topping, dan terang bulan yang menjadi favorit yakni red velvet oreo cheesecake.

Sebenarnya bahan-bahan untuk membuat adonan terang bulan cukup sederhana seperti tepung terigu, soda kue, telur, santan, dan air yang semua bahannya dicampur jadi satu. Kemudian dipanggang di sebuah penggorengan besi tebal khusus dan tidak lengket tentunya. Namun terang bulan beraneka macam.

Aneka macam terang bulan yang biasanya disukai banyak orang seperti di bawah ini:

Terang Bulan Keju

Asinnya keju dipadukan dengan rasa manis dari terang bulan itu sendiri membuat setiap gigitan terang bulan menjadi nikmat. Meski terang bulan keju merupakan jenis terang bulan yang klasik, rasa ini tidak membosankan di lidah. Macam-macam keju juga bisa kamu gunakan, kecuali mozzarella, ya. Karena mozzarella lebih cocok menjadi topping di pizza.  

Terang Bulan Keju
baca juga

Terang Bulan Keju Coklat

Perpaduan rasa asin dan manis bisa kamu rasakan pada terang bulan dengan campuran keju dan coklat. Rasa coklat bisa berasal dari mesis, coklat batangan, susu kental manis rasa coklat, selai coklat seperti Nutella, dan lain-lain. Dijamin kedua rasa keju dan coklat akan lumer di mulut, dan membuat ketagihan hingga dietmu gagal.

Terang Bulan Keju Coklat

Terang Bulan Mini

Terang bulan mini sudah lama menjadi tren, lho. Beberapa kedai martabak memiliki menu terang bulan atau martabak mini. Terang bulan mini biasanya memiliki diameter sekitar 10 cm atau bisa disesuaikan dengan ukuran cetakkan dan disajikan hingga 5 biji lebih, dan toppingnya bisa berbeda-beda. Terang bulan mini menjadi gebrakan dari makanan khas Indonesia yang berhasil menyentuh hati penikmat kuliner. Kamu harus coba buat sendiri di rumah, nih.

Terang Bulan Mini