Siapa saja bisa mengalami alergi dingin yang menyebabkan batuk. Alergi dingin juga bisa menimbulkan beberapa reaksi tidak hanya batuk saja, seperti gatal-gatal, bercak merah pada area tubuh, sesak napas, mata berair, dan masih banyak lagi. Nah, bagaimana kalau batuk-batuk? Mengganggu juga, bukan?

Batuk karena alergi disebabkan karena zat yang bersumber dari luar tubuh yang disebut zat alergen. Tubuh biasanya akan bereaksi terhadap zat alergen ini. Dan jika sudah mengalami alergi, berarti tubuhmu memberikan reaksi yang berlebihan terhadap alergen, hingga terjadi suatu gejala yang disebut alergi.

Namun udara dingin tidak bisa dikatakan sebagai zat alergen. Tetapi memang udara dingin bisa menjadi awal mula anak mengalami batuk, atau memperparah kondisi batuk pada anak. Reaksi tubuh yang mengalami alergi dingin itu berbeda-beda, moms.

Batuk karena alergi dingin pada anak sering tidak sadari oleh ibu. Sebagian ibu beranggapan bahwa batuk pada anak merupakan batuk biasa yang umumnya dialami orang dewasa hingga anak-anak, padahal si kecil sedang alergi dingin.

Ciri Batuk Karena Alergi Dingin

Maka dari itu moms perlu memperhatikan ciri-ciri dari batuk akibat alergi dingin. Moms bisa perhatikan buah hati yang batuk hingga sesak napas. Dan biasanya batuk berlangsung selama berhari-hari hingga berbulan-bulan, dan umumnya terjadi saat udara dingin. Selain itu, batuk karena alergi dingin tidak disertai dengan demam, moms. Moms perlu hati-hati jika anak mengalami infeksi telinga, sinus, tenggorokkan tersumbat.

Ciri Batuk Karena Alergi Dingin
baca juga

Cara Mengatasi Batuk karena Alergi Dingin

Sebelum si kecil mengalami alergi, moms harus selalu menjaga sistem kekebalan tubuh anak dengan memberikan makanan yang bergizi agar tubuh anak siap melawan serangan dari luar seperti alergi. Melakukan imunoterapi atau suntik alergi, moms bisa tanyakan ke dokter untuk dosis yang pas agar anak terhindar dari alergi.

Steroid hidung juga bisa digunakan untuk membantu peradangan dan iritasi di sekitar lubang hidung. Saluran pernapasan akan terasa sedikit lebih nyaman dan tidak tersumbat. Jika anak sudah mengalami batuk alergi yang cukup parah, jauhkan anak dari hal-hal yang mengundang alergi seperti bulu binatang, debu, serbuk sari, dan lain-lain. Pastikan ruangan tempat anak berada tetap bersih atau steril, serta nyaman ya, moms.  

Cara Mengatasi Batuk karena Alergi Dingin