Belut sendiri masuk ke dalam jenis ikan yang memiliki kandungan gizi yang melimpah dan baik bagi manusia. Sehingga belut bisa dijadikan bahan menu Mpasi untuk bayi.   

Kandungan Gizi Belut

Protein merupakan gizi yang penting bagi tubuh manusia. Jika dibandingkan dengan telur ayam, belut jauh lebih banyak mengandung protein yakni hingga 38 gram protein. Di dalam protein belut pun mengandung asam amino. Nah, dalam masa pertumbuhan protein sangat penting, moms. Selain itu, belut mengandung zat besi, kandungan fosfor yang lebih tinggi daripada telur ayam, serta tinggi akan kandungan kalori sehingga moms perlu menyeimbangkan jumlah nasi dan belut jika ingin disatukan ke dalam 1 menu makan.

Untuk kandungan vitaminnya, tidak usah diragukan lagi, mom, seperti vitamin B1, B2, B12, D, E dan A. Vitamin pada belut baik untuk kesehatan mata, membantu membentuk protein, pertumbuhan, dan baik untuk sistem reproduksi.

Kandungan Gizi Belut
baca juga

Manfaat belut untuk bayi pun sangat bagus, moms. Tenang saja, moms, meski belut dikenal kotor dan menjijikan, belut aman dikonsumsi bayi usia 8 bulan jika moms membersihkan dan mengolah belut dengan baik. Agar pertumbuhan bayi makin pesat dan jaringan tubuhnya tetap normal, sebaiknya moms memberikan olahan menu makanan dari belut.

Belut juga baik untuk pertumbuhan tulang, sekaligus membantu bayi yang mengalami kekurangan kalsium. Manfaat belut untuk kecerdasan bayi juga bisa moms rasakan. Terbukti belut membantu meningkatkan fokus pada bayi dan menjaga keseimbangan fungsi syaraf otak karena belut mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6. Jika sering mengonsumsi belut, bayi tidak akan mudah sakit, bisa dikatakan bayi akan menjadi kuat secara fisik.
 
Umumnya sang buah hati akan mengalami yang namanya kehilangan nafsu makan, bayi pun disarankan untuk mengonsumsi belut yang akan membantu menambah nafsu makan anak dan berat badan pun akan meningkat. Manfaat lainnya ialah mengatasi masalah pada bayi yang terserang asma, meningkatkan sel darah merah bayi membuat bayi makin aktif, melancarkan perederan darah, dan mencegah kerusakan fungsi DNA.  

Kandungan Gizi Belut

Belut untuk Menu Mpasi

Belut juga bisa dijadikan menu mpasi, lho, moms, seperti membuat bubur tim belut.  Tapi sebelumnya, moms harus ketahui dulu apakah bayi memiliki alergi terhadap ikan atau tidak.

baca juga

Resep Mpasi Belut untuk Bayi

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih belut, lalu rendam dengan air perasan jeruk nipis hingga bau amisnya memudar.
  2. Setelah itu kukus belut bersamaan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan serta daun salam.
  3. Setelah matang, ambil bagian daging belutnya kemudian haluskan.
  4. Untuk memasak bubur timnya, moms hanya perlu menggunakan 2 sendok beras yang sudah dicuci bersih.
  5. Masak beras dengan takaran air yang lebih banyak dari memasak nasi, ya, moms.
  6. Setelah beras sudah menjadi bubur, campur dengan belut yang sudah dihaluskan.
Resep Mpasi Belut untuk Bayi