Anak Down Syndrome sering memiliki karakteristik fisik yang berbeda, masalah kesehatan yang unik, dan variabilitas dalam perkembangan kognitif. Meskipun anak Down Syndrome menunjukkan kecacatan intelektual ringan sampai sedang. Namun, perkembangan kognitifnya cukup bervariasi antara anak Down Syndrome satu dan lainnya.

Meski banyak anak Down Syndrome mengalami keterlambatan perkembangan, akan tetapi penderita Down Syndrome bersekolah dan umumnya menjadi aktif, bekerja, dan berpartisipasi di masyarakat. Nah, apakah kamu sudah tahu bagaimana ciri-ciri anak Down Syndrome? Berbeda dengan anak autis, ini dia penjabarannya.

1. Fitur Fisik Berbeda

Anak-anak dengan Down Syndrome cenderung memiliki fitur fisik tertentu seperti profil wajah datar, miring ke atas ke mata, telinga kecil, dan lidah yang menonjol, perawakannya kecil dan leher pendek, jembatan hidung datar, lipatan dalam di bagian tengah telapak tangan tunggal, dan lain sebagainya.

1. Fitur Fisik Berbeda
source: http://worldofbloodpressure.blogspot.co.id/


 

baca juga

2.Bobot Otot Rendah

Bobot otot rendah (Hipotonia) juga merupakan ciri khas anak Down Sindrom, dan bayi pada khususnya mungkin tampak sangat disket. Meskipun hal ini dapat dan sering kali membaik seiring berjalannya waktu. Tapi kebanyakan anak Down Sindrom biasanya mencapai tonggak perkembangan seperti duduk, merangkak, dan berjalan bahkan lebih cepat dari pada anak-anak lain lho.

2.Bobot Otot Rendah
source: https://www.thestar.com/


 

3. Pertumbuhan Lambat

Saat lahir, anak down syndrome biasanya berukuran rata-rata, namun cenderung tumbuh pada tingkat yang lebih lambat dan tetap lebih kecil dari teman sebayanya. Bagi bayi, nada otot rendah dapat menyebabkan masalah pengisap dan makan, serta sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Balita dan anak-anak yang lebih tua mungkin mengalami keterlambatan dalam berbicara dan keterampilan perawatan diri seperti memberi makan, berpakaian, dan toilet training.

3. Pertumbuhan Lambat
source: https://meetdoctor.com


 

baca juga

4. Kelemahan Intelektual

Down syndrome mempengaruhi kemampuan anak-anak untuk belajar dengan cara yang berbeda, namun sebagian besar memiliki kelemahan intelektual ringan sampai sedang. Anak Down Sindrom dapat belajar, dan mampu mengembangkan keterampilan sepanjang hidup mereka. Mereka hanya mencapai tujuan dengan kecepatan yang berbeda.

Nah, oleh karena itu kamu jangan membandingkan anak Down Sindrom terhadap saudara kandung yang normal atau bahkan anak-anak lain dengan kondisi lebih baik.

4. Kelemahan Intelektual
source: http://getlaidsecrets.com


 

5. Punya Kelebihan Tertentu

Jangan menganggap remeh anak Down Sindrom, karena meski dia terlihat berbeda dengan anak pada umunya tapi mereka diberi kelebihan dalam satu bidang bahkan melebihi anak normal. Anak-anak dengan Down Sindrom memiliki berbagai kemampuan. Dengan pola asuh yang tepat anak akan mengembangkan kemampuannya itu hingga dewasa.

5. Punya Kelebihan Tertentu
source: http://www.idgconnect.com


 

6. Keterlambatan Bicara dan Motorik

Anak-anak dengan sindrom Down sering mengalami keterlambatan bicara dan memerlukan terapi wicara untuk membantu bahasa ekspresif. Selain itu, kemampuan motorik halus tertunda dan cenderung ketinggalan kemampuan motorik kasar. Anak-anak dengan sindrom Down biasanya ketinggalan dalam perkembangannya. Usia rata-rata duduk adalah 11 bulan, merayap adalah 17 bulan, dan berjalan adalah 26 bulan.

6. Keterlambatan Bicara dan Motorik
source: http://www.carersunited.com.au