Ternak Lele Bioflok

Ternak lele menggunakan teknologi bioflok yaitu dengan cara menumbuhkan suatu mikroorganisme yang memiliki fungsi mengelola limbah budidaya itu sendiri hingga menjadi gumpalan kecil atau floc yang dapat dijadikan makanan alami dan dimanfaatkan secara langsung oleh lele yang ada di dalam kolam. Ternak lele dengan metode ini akan menghemat biaya perawatan dan juga mendapatkan hasil yang banyak.

source: https://i0.wp.com/kolamterpal.net/wp-content/uploads/2018/01/lele-organik-1080x675.jpg

Ternak Lele Bioflok Tanpa Bau Amis 

Ternak ikan biasanya akan menghasilkan bau yang tidak sedap atau bau amis. Bau amis yang dihasilkan dari ternak ikan lele bisa saja mengganggu lingkungan sekitar, terutama tetangga di dekat rumah. Bau amis yang ditimbulkan juga terkadang berasal dari air yang kotor dan ikan lele yang mati. Dengan ternak lele menggunakan sistem bioflok ini, tidak akan ada lagi bau amis yang menyengat karena sistem perputaran air yang baik dan ikan lele juga tidak ada lagi yang mati.

source: http://paktanidigital.com/artikel/wp-content/uploads/2019/02/Cara-Beternak-Lele-dengan-Sistem-Bioflok.jpg
baca juga

Ternak Lele Bioflok untuk Pemula

Ternak lele dengan teknologi bioflok ini sudah sangat banyak dijalani oleh pelaku usaha. Karena dengan menggunakan sistem ini, biaya yang dikeluarkan untuk perawatan lele menjadi lebih murah, tidak mengeluarkan bau yang dapat mengganggu lingkungan, dan cukup mudah dalam pengaplikasiannya. Untuk pemula, ternak lele bioflok ini sangat mudah dilakukan dan sudah banyak usaha yang menggunakan teknologi ini sehingga banyak cara untuk mempelajarinya.

source: https://www.maxigrowindonesia.com/wp-content/uploads/2017/07/penyakit-lele-1080x675.jpg

Kelebihan Ternak Lele Bioflok

Kelebihan ternak lele bioflok antara lain:

  1. Sistem kerja bioflok tidak tergantung dengan sinar matahari
  2. Tidak perlu mengganti air dalam kondisi singkat
  3. Limbah dari tambak bisa didaur ulang 
  4. Lebih ramah lingkungan, tidak menghasilkan bau amis
  5. Kolam akan selalu bersih karena adanya sistem pembuangan kotoran menggunakan pipa khusus
source: https://blue.kumparan.com/kumpar/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1522902292/cex0i3j0dc1gabkl1hg1.jpg
baca juga

Sistem Pambuangan Kotoran Lele

Kotoran dari lele-lele yang diternak akan terbuang melalui pipa khusus. Jadi, kotoran tidak akan mengendap dibagian bawah kolam. Saat ikan lele akan diberi makan, pipa akan dibuka sehingga kotoran ikan yang mengendap akan keluar bersama airnya dan digantikan dengan air yang baru. Dengan menggunakan teknologi ini, sistem pembuangan kotoran lele akan lebih mudah, dan kolam akan selalu bersih dan tidak berbau.

source: https://i0.wp.com/haurgeulis.com/wp-content/uploads/2019/02/budidaya-ikan-lele.jpg?fit=700%2C465&ssl=1

Demikian beberapa cara dan kelebihan ternak lele menggunakan sistem bioflok. Semoga bermanfaat.