Buah anggur barasal dari kawasan selatan antara Laut Kaspia dan Laut Hitam di Asia Kecil. Buah ini lalu dibudidayakan ke daerah tropik dan menyebar sampai daerah subtropik. Siapa sangka, di daerah ini buah anggur malah memperoleh lingkungan tumbuh yang lebih baik, sehingga sekarang kebanyakan negara-negara penghasil anggur adalah negara subtropik seperti Spanyol, Australia Selatan, Belanda, Inggris, dan Amerika.

Salah satu jenis buah anggur yang paling diminati untuk dimakan segar adalah jenis anggur merah. Buahnya yang lebih besar dan manis menjadi favorit banyak orang. Tak hanya nikmat dimakan, anggur merah segar juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh.

Dari Kesehatan Hingga Kecantikan, Cari Tahu Yuk Ragam Manfaat Anggur Merah!

Kandungan Nutrisi Buah Anggur Merah

Semua jenis anggur memiliki kandungan nutrisi yang baik, yaitu vitamin C, A, B1, dan B2, serat, zat besi, mineral, fosfor, dan potasium. Sedangkan untuk anggur merah sendiri kandungan-kandungan baik itu juga ditambah dengan antioksidan dan asam amino yang tinggi. Semua manfaat anggur merah segar ini tentu bisa didapat jika moms memilih anggur yang masih dalam keadaan terbaik.

Ciri-ciri anggur merah yang masih baik dan segar yaitu buah masih melekat kuat pada dompolnya, butiran-butiran anggur terlihat gemuk dengan kulit yang agak keras, serta memiliki rasa yang manis dan segar. Pemilihan anggur merah yang masih dalam keadaan baik sangat penting, karena buah ini memiliki umur simpan yang lumayan singkat, yaitu hanya 4-8 minggu dengan suhu penyimpanan -1 sampai 4 derajat celcius.

Kandungan Nutrisi Buah Anggur Merah
baca juga

Ragam Manfaat Buah Anggur Merah untuk Kesehatan

Setelah moms berhasil mendapat buah anggur merah terbaik, sekarang moms tinggal memetik beragam manfaatnya. Untuk kesehatan buah anggur merah dipercaya dapat mencegah kanker. Kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan dalam anggur merah dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker, terutama yang bertumbuh di payudara, lambung, hati, dan kelenjar getah bening.

Selain memperlambat pertumbuhan sel kanker, resveratrol juga mampu memperlancar aliran darah ke otak, lancarnya oksigen yang dialirkan darah ke otak tentu dapat membuat otak bekerja lebih optimal dan memperkuat daya ingat. Buah anggur merah juga dapat
mengatasi insomnia atau masalah susah tidur, karena buah ini adalah satu-satunya yang mengandung melatonin, yaitu hormon yang mengatasi masalah tidur.

Ragam Manfaat Buah Anggur Merah untuk Kesehatan

Anggur Merah Juga Memiliki Manfaat untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, berbagai manfaat kecantikan juga bisa didapat dari konsumsi anggur merah segar. Anggur merah kaya akan berbagai jenis antioksidan, antioksidan memiliki peranan penting dalam menangkal radikal bebas yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan rambut beruban. Selain antioksidan, di dalam anggur merah juga terdapat zat asam malat yang dapat memulihkan warna gigi, sehingga gigi menjadi lebih putih dan sehat.

Anggur merah juga efektif untuk membantu menjaga kesehatan kuku, tapi bukan dengan cara memakannya, moms bisa membuat masker dengan 8 butir anggur merah yang dicampur
dengan 2 sendok madu, lalu dioleskan pada kuku dan diamkan selama 10 menit.

Anggur Merah Juga Memiliki Manfaat untuk Kecantikan
baca juga

Anggur Merah Efektif untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Salah satu kunci diet yang sukses adalah sistem pencernaan yang lancar. Kandungan serat yang tinggi pada anggur merah akan memperlancar pencernaan dan membuat moms kenyang lebih lama. Selain serat, kandungan resveratrol anggur merah juga dapat menghambat pembentukan dan pertumbuhan sel-sel lemak dalam tubuh. Ellagic yang terdapat dalam anggur merah juga akan mengurangi kadar lemak pada organ perut dan hati, serta memperlancar metabolisme tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari anggur merah caranya tentu bukan dengan memakannya secara berlebihan, per 100 gram porsi anggur merah mengandung 69 kalori, jadi maksimal moms hanya bisa makan 15 butir anggur merah perhari.