Kandungan Nutrisi Belut

Meskipun menggelikan, ternyata belut ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi dewasa bahkan anak-anak. Memangnya apa saja sih kandungan gizinya?

  • Fosfor, kandungan fosfor dalam daging belut bermanfaat untuk membentuk tulang yang kuat, meminimalisir terjadinya osteoporosis.
  • Zat besi, untuk mencegah anemia dan meningkatkan hemoglobin pada sel darah untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.
  • Kalori. Nilai kalori dalam daging belut sangat tinggi. Hal ini membantu memenuhi kebutuhan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Kaya vitamin. Daging belut mengandung vitamin A dan vitamin B
  • Arginin, merupakan zat yang terkandung dalam daging belut yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Daging belut juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.
Luar biasa banyak ya, Moms. Nah selain kandungan gizinya yang banyak, belut sangat lezat untuk diolah menjadi beragam masakan. Apa saja? Yuk simak informasi selanjutnya.

Aneka Olahan Belut

baca juga

1. Belut Bakar Pedas

1. Belut Bakar Pedas

Wah dilihat dari tampilannya aja langsung bikin ngiler ya, Moms. Belut bakar pedas ini sangat nikmat dihidangkan dengan satu porsi nasi putih hangat. Karena daging belut sangat lembut, membuat bumbu yang diberikan akan semakin cepat meresap. Terbayang kan Moms bagaimana rasanya daging belut yang lembut dengan bumbu yang lezat dan dapat juga sensasi aroma asap dari hasil pembakaran. Langsung pengen buat kan, Moms?

2. Belut Asam Manis

2. Belut Asam Manis

Tak hanya cumi atau udang yang lezat dengan bumbu asam manis, belut pun bisa lho, Moms. Sebaiknya gunakan belut fillet yang digoreng tepung ya, Moms agar ketika menumis belut tidak hancur. Selain belut sebagai bahan utama Moms juga bisa menambahkan sayuran. Selain membuat masakan lebih segar, menambahkan sayuran juga dapat menambah kandungan gizi dari masakan Moms.

baca juga

3. Belut Goreng Krispi

3. Belut Goreng Krispi

Siapa sih yang tak kenal akan kelezatan dan kegaringan belut krispi? Satu belut krispi saja mana cukup. Moms bisa menggunakan belut dengan ukuran kecil hingga sedang agar kerenyahan yang didapatkan semakin mantap. Belut krispi ini sangat cocok untuk dijadikan teman nasi putih hangat bahkan untuk cemilan. Namun jangan terlalu banyak ya, Moms.

4. Belut Rica-Rica

4. Belut Rica-Rica

Bagi Moms pecinta pedas, tak ada salahnya untuk membuat belut rica-rica. Perpaduan pedas manis dan gurih dari belut pastinya bakal bikin Moms lupa diri. Moms bisa menghilangkan bau amis belut dengan jeruk nipis atau lemon. Sudah terbayang kan Moms bagaimana kelezatannya?

Namun perlu Moms ingat, meskipun belut memiliki kandungan gizi yang tinggi dan dapat diolah menjadi beragam masakan. Moms jangan sampai mengonsumsi belut berlebihan ya, karena kandungan kolesterol belut sangat tinggi.