Bikin Marmer Cake tak Harus Pakai Oven, Moms, Cek Resepnya di Sini

Marmer cake adalah jenis cake jadul bernama lain marble cake yang terus memiliki penggemar hingga hari ini. Rasanya yang manis, gurih dan tidak eneg membuat marmer cake sering menjadi pilihan suguhan arisan, hantaran atau sajian keluarga.

Namun, selama ini banyak Moms yang mengurungkan niat bereksperimen membuat marmer cake sebab mengira bahwa membuat marmer cake ribet dan harus menggunakan oven. Padahal, ada lho Moms resep marmer cake kukus yang enak, lembut dan mudah dibuat! 

Penasaran bagaimana resep dan caranya? Yuk simak resep marmer cake super lembut yang satu ini!

Resep Marmer Cake Kukus Super Lembut 

Bahan-bahan:
- 200 gram mentega
- 200 gram margarin
- 300 gram gula halus
- 1 sdt ekstrak vanilla
- 12 gram cake emulsifier (ovalet, tbm atau sejenisnya)
- 1/4 sendok teh garam
- 1 sdm rum bakar (jika suka)
- 375 gram tepung terigu serba guna
- 4 butir telur
- 1 sdt baking powder
- 1 sdm pasta cokelat
- 225 ml susu cair

Cara Membuat:
1. Siapkan loyang, bisa loyang bulat atau loyang loaf ukuran 24 x 10 x 7, beri olesan mentega dan taburi tepung di atas permukaannya.
​2. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam
3. Kocok mentega, margarin, ekstrak vanilla, cake emulsifier dan gula halus (jika memilih menggunakan mixer, kocokan awal gunakan speed rendah hingga tercampur rata, kemudian tambahkan speed sedang untuk mengembangkan bahan hingga adonan berwarna putih)
4. Masukkan telur satu demi satu hingga tercampur merata sembari tetap mengocok adonan
​​​​​​5. Masukkan terigu bergantian dengan susu cair, aduk perlahan dengan spatula hinga merata
6. Ambil 1/4 bagian dari adonan untuk diberi pasta cokelat, aduk hingga rata
7. Tuangkan dua macam adonan yaitu putih dan cokelat ke dalam loyang secara bergantian hingga masing-masing adonan habis
8. Siapkan kukusan hingga panas, dan mulai kukus adonan ke dalam panci kukus (agar uap air tidak menetes ke permukaan kue, tutup bagia atas panci kukus dengan kain bersih)
9. Kukus adonan dalam waktu 45 menit dengan api sedang hingga matang. Dalam proses ini dilarang membuka tutup kukusan sebelum kue matang karena dapat menyebabkan kue gagal mengembang
10. Setelah matang, angkat loyang dan dinginkan kue selama 5-10 menit lalu keluarkan cake dari loyang dan letakkan di atas wadah berongga atau penampang kue dari kawat.

Marmer cake kukus super lembut dan enak siap disajikan!

Bagaimana, Moms? Mudah kan, resep marmer cake kukus super lembut ini? 

Moms bisa menambahkan whipped cream, gula halus atau chocco glaze sebagai topping jika suka, atau langsung memotong-motongnya. Menikmati cake marmer kukus ini dengan potongan buah-buahan seperti strawberry atau blueberry juga lezat dan pasti disukai si kecil. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Moms!