Mencegah Anemia

Anemia sering terjadi pada ibu hamil karena tubuh kekurangan zat besi dan vitamin B2. Labu siam mengandung dua senyawa yang mampu menstimulasi produksi keseluruhan sel-sel darah merah dan hemoglobin dalam tubuh, sehingga ini akan mencegah anemia yang pernah terjadi di dalam tubuh. Mengkonsumsi satu buah labu berukuran sedang sudah mencukupi kebutuhan zat besi di dalam tubuh.

Mencegah Anemia

Tinggi Serat

Buah yang kaya akan serat ini membantu mengobati sembelit dan menormalkan gerakan usus. Satu labu siam mengandung 3,5 gram serat, yang artinya menyumbang 14 persen dari nilai harian tubuh sebesar 25 gram. Selain membantu pencernaan pada tubuh, serat ini  juga membantu mengontrol kadar gula darah terutama membantu penderita diabetes dan menurunkan kolesterol, yang mendorong sistem kardiovaskular yang lebih sehat.

baca juga

Membantu Menurunkan Berat Badan

Satu buah labu siam utuh hanya memiliki 38,6 kalori dan 0,1 gram lemak. Kandungan air yang tinggi dan serat, membantu membuatnya kenyang lebih lama tanpa membutuhkan banyak kalori. Labu siam juga bisa dijadikan sebagai camilan untuk mencegah rasa lapar dan menjadi asupan tetap kalori tubuh, cocok untuk ibu hamil yang sulit mengontrol nafsu makan. Karena teksturnya yang lembut, moms juga bisa gunakan labu siam untuk membuat salad atau menambahkannya ke dalam jus atau smoothie.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Melawan Radikal Bebas

Labu siam juga kaya akan kandungan nutrisi asam folat dan vitamin C. Asam Folat adalah vitamin yang larut dalam air yang sangat penting untuk kesuburan wanita dan pencegahan kanker. Sedangkan. vitamin C adalah antioksidan penting yang membantu melawan radikal bebas, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis  kanker. Dimana labu mengandung 15,6 mikrogram vitamin C, yang berarti 26 persen dari AKG yang dibutuhkan oleh tubuh.

baca juga

Memiliki Sistem Kekebalan Tubuh dan Tulang yang Kuat untuk Janin

Selain zat yang telah disebutkan, labu siam juga banyak mengandung mineral, zinc, magnesium, kalsium, fosfor, dan kalium. Dimana zinc berperan dalam penyembuhan luka dan mendukung indra pengecap serta penciuman, kalsium bersama magnesium menjaga tulang tetap kuat, dan kalium mendukung fungsi saraf dan otot. Tentunya zat-zat ini sangat dibutuhkan untuk menjaga metabolisme yang sehat, sistem kekebalan tubuh dan tulang yang kuat baik untuk ibu maupun janin.