Brokoli Hijau vs Brokoli Putih

Brokoli adalah sayuran hijau yang menyerupai pohon mini yang kaya akan manfaat. Selain brokoli yang sarat akan warna hijau pekat, namun ada juga yang berwarna putih yang sering disebut brokoli putih atau kembang kol. Dua jenis sayuran ini adalah bagian dari spesies tanaman Brassica olerancea, bersama dengan kubis, kol, kangkung dan tanaman lain yang berasal dari persilangan.
 
Kembang kol atau yang terkadang juga disebut brokoli putih adalah anggota dari keluarga sayuran dari hasil silangan yang juga disebut Brassica oleracea bersama dengan brokoli, kol, kubis dan varietas lainnya. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa sayuran dari hasil silangan merupakan sumber antioksidan alami yang sangat baik karena tingginya tingkat berbagai senyawa kimia alami, serta pemasok vitamin esensial, karotenoid, serat, gula, mineral, dan senyawa fenolik yang baik. Nah, kira-kira manfaat apa saja sih yang terdapat di brokoli putih ini?
 
Lalu, apa sih bedanya brokoli hijau dan brokoli putih? Secara umum tidak ada perbedaan yang mencolok, karena sama-sama berasal dari hasil tanaman persilangan.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Brokoli Hijau

Brokoli hijau banyak memiliki kandungan nutrisi yang penting seperti karbohidrat, energi, protein, serat, Vitamin B, A, C,E, K, Kalium, Kalsium, zat besi,  serta kandungan lainnya yang memiliki fungsi seperti berikut ini!
  • Membuat Kulit Tampak Lebih Muda
Vitamin C yang kaya akan zat antioksidan dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi, mengurangi keriput, dan meningkatkan keseluruhan tekstur kulit. Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, sistem pendukung utama bagi kulit. Selain vitamin C, vitamin A dan vitamin E yang terkandung di dalam brokoli hijau juga bermanfaat untuk kulit yang tampak sehat.
 
  • Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi
Selain sebagai sumber vitamin C dan kalsium yang baik untuk mendukung kesehatan mulut dan mencegah penyakit gigi. Beberapa penelitian tambahan juga menunjukkan bahwa sulforaphane yang ditemukan dalam brokoli hijau dapat mengurangi risiko kanker mulut
 
  • Nutrisi yang Baik untuk Ibu Hamil
Tubuh  membutuhkan banyak vitamin, mineral, dan protein selama kehamilan untuk mendukung bayi dan ibu. Brokoli hijau adalah sumber vitamin B yang baik yaitu B9, juga dikenal sebagai folat dan folat adalah nutrisi penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang.
 
Selain manfaat yang sudah di jelaskan diatas, kembang kol atau brokoli putih juga banyak memiliki manfaat lainnya, yaitu:
- Mengurangi Inflamasi
- Mengurangi Resiko Kanker
- Tekanan Darah Terkontrol
- Mendukung Fungsi Otak yang Sehat
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Brokoli Hijau
baca juga

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Brokoli Putih

Sama seperti brokoli hijau, brokoli putih ini juga memiliki banyak nutrisi penting yang berguna untuk tubuh seperti kandungan Kalium,Natrium, vitamin A, D, B12, C, B6, Magnesium, Kalsium serta kandungan lainnya dengan bergam manfaat seperti di bawah ini!
  • Membantu Mengurangi Risiko Kanker
Bahan kimia di dalam brokoli putih ini dikenal memecah selama proses mengunyah dan pencernaan, menjadi senyawa aktif biologis yang membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Glucosinolate adalah pestisida alami dalam sel tanaman namun ketika dikonsumsi oleh manusia, mereka digunakan untuk memperbaiki DNA dan membantu mencegah kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel kanker yang bermutasi. Sehingga sangat berguna untuk mencegah kanker payudara selain kanker usus besar, hati, paru-paru dan perut.
 
  • Meningkatkan Pencernaan dan Detoksifikasi Tubuh
Sayuran ini kaya akan senyawa yang mengandung sulfur yang disebut glukosinolat, yang mendukung penyerapan nutrisi yang tepat dan toksin dan pembuangan limbah.
Pada saat yang sama sulforaphane memfasilitasi detoksifikasi dan pencernaan dengan mencegah pertumbuhan berlebih bakteri serta menjaga bakteri jahat memenuhi sistem pencernaan dan memungkinkan bakteri yang baik untuk berkembang.
 
  • Membantu Mengurangi Peradangan
Kembang kol juga kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, yang menurunkan tingkat stres dan menangkal radikal bebas di tubuh kita.Vitamin C di dalamnya juga membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga tubuh bebas dari bakteri berbahaya, infeksi, dan pilek.
 
Selain manfaat yang sudah di jelaskan diatas, kembang kol atau brokoli putih juga banyak memiliki manfaat lainnya, yaitu:
- Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Gangguan Otak
- Menyediakan Vitamin dan Mineral Secara Cepat (Terutama Vitamin C dan Vitamin K)
- Membantu menurunkan berat badan
- Membantu Menyeimbangkan Hormon
- Menjaga Kesehatan Mata
 
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Brokoli Putih