Jinten putih
Jinten putih adalah tumbuhan berbunga dari famili Apiaceae yang berasal dari daerah Laut Tengah bagian timur sampai India bagian timur. Tanaman ini merupakan tanaman tahunan berbentuk terna dengan batang ramping bercabang dengan tinggi 20–30 cm. Jintan putih ini banyak ditemui di Indonesia.

Mengenal Jinten Putih, Rempah Kuno dengan Sejuta Manfaat
source: https://www.aroma-bourbon.fr/nos-produits/plantes-ayurv%C3%A9diques/

Jinten putih dijual dalam bentuk biji kering atau bubuk halus. Rasanya sangat khas, terasa pedas dan panas seperti cabai tapi sedikit pahit, dan aromanya seperti tanah. Rempah ini cukup populer karena sering digunakan pada masakan khas Asia, India, Afrika, dan Meksiko.

Kandungan nutrisi jinten putih
Siapa sangka di dalam biji jinten putih yang kecil ini terdapat berbagai macam kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, diantaranya adalah:

Kalori (kcal) 374
Lemak jenuh 1.5 g
Lemak tak jenuh ganda 3.3 g
Lemak tak jenuh tunggal 14 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 168 mg
Kalium 1,788 mg
Karbohidrat 44 g
Serat pangan 11 g
Gula 2.3 g
Protein 18 g
Selain itu masih terdapat banyak vitamin, kalsium dan zat besi yang terkandung di dalam jinten putih ini.  

baca juga

Manfaat jinten putih untuk kesehatan
Selain digunakan sebagai penyedap makanan, sudah sejak lama jinten putih juga digunakan sebagai obat tradisional. Banyak studi yang menunjukkan manfaat jinten putih bagi kesehatan, diantaranya:

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Jinten putih cukup umum digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan perut kembung. Rempah ini dikonfirmasi dapat meningkatkan aktivitas enzim pencernaan dengan merangsang empedu mencerna lemak dan nutrisi tertentu.

  • Melancarkan peredaran darah

Jinten putih juga bisa membantu untuk melancarkan peredaran darah. Kandungan mineral seperti zat besi, mangan, tembaga, zinc, potasium dan yang lainnya merupakan unsur – unsur yang sangat dibutuhkan untuk menyehatkan darah dan peredaran darah di dalam tubuh. Mineral tembaga misalnya dibutuhkan dalam pembentukan sel – sel darah merah.

Mengenal Jinten Putih, Rempah Kuno dengan Sejuta Manfaat
source: https://myheart.net/articles/10-lifestyle-habits-of-super-heart-healthy-people/
  • Membantu mengobati dan mencegah ambeien

Ambeien pada dasarnya diakibatkan oleh sembelit akibat kurangnya konsumsi serat sehingga menimbulkan luka pada anus. Sehingga luka tersebut dapat menimbulkan infeksi yang menyebabkan ambeien tersebut. Tingginya kandungan serat di dalam jinten putih dapat melancarkan pencernaan sekaligus membantu mencegah terjadinya ambeien. Sedangkan anti mikroba serta anti fungal di dalam jintan putih akan membantu menyembuhkan infeksi dari ambeien.

  • Menyembuhkan gangguan pernapasan

Apakah Moms memiliki gangguan pernafasan? Jinten putih bisa berfungsi untuk mengobati gangguan yang terjadi pada sistem pernafasan seperti bronkhitis, asma, dan gangguan pernafasan lainnya. Ini karena di dalam jinten putih terkandung kafein sebagai ‘stimulating agent’ serta minyak esensial yang berfungsi sebagai disinfektan. Kandungan – kandungan tersebut menjadikan jintan putih sebagai obat herbal yang ideal untuk meredakan asma maupun bronkhtitis.

  • Menyehatkan kulit

Jinten putih mengandung vitamin e yang cukup tinggi yakni sebanyak 3,3 mg yang dapat memenuhi sekitar 22 % kebutuhan vitamin e setiap harinya. Vitamin e sangat dibutuhkan tubuh dan membuat kulit sehat dan bercahaya. Nah, jika Moms ingin memiliki kulit yang sehat dan cerah, coba konsumsi si jintan putih ini secara teratur.

  • Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Untuk itu penting bagi kita untuk mencegah penyakit ini dari sedini mungkin. Lalu, bagaimana cara mencegah kanker? Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi jintan putih. Jintan putih dikenal mengandung fito kimia yang dapat membentuk anti oksidan. Anti oksidan sangat penting untuk melawan radikal – radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Manfaat jinten putih untuk diet (menurunkan berat badan)

Selain berguna untuk menyedapkan masakan dan juga baik untuk kesehatan, manfaat lain yang bisa Moms dapatkan dari jinten putih adalah untuk menurunkan berat badan

  • Membantu pembakaran lemak

Manfaat yang pertama ketika Moms mengonsumsi jinten putih untuk diet adalah dapat dimanfaatkan untuk membantu pembakaran lemak di dalam tubuh Moms.

  • Menghambat penyerapan kolesterol

Jinten putih dianggap memiliki sifat hipolipidemik. Hipolipidemik adalah zat yang membantu tubuh untuk mengontrol kadar lemak tinggi yang dapat merusak jantung dan meningkatkan kadar kolesterol. Studi menunjukkan penggunaan suplemen jinten putih dengan yoghurt sebanyak 2 kali sehari selama sebulan, membantu mengurangi kadar trigliserida.

Mengenal Jinten Putih, Rempah Kuno dengan Sejuta Manfaat
source: https://www.firstquotehealth.com/health-insurance-news/fad-diets-side-effects
  • Membantu melancarkan pencernaan

Jinten putih juga bisa menjadi solusi alternatif yang efektif untuk membantu Moms menurunkan berat badan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jinten putih mengandung cukup banyak serat yakni 10,6 gram atau sekitar 26% dari total kebutuhan serat setiap harinya. Kandungan tersebut bisa Moms manfaatkan dalam membantu melancarkan sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Sehingga lemak dan kotoran yang ada di dalam tubuh pun tidak menumpuk dan membuat kita gemuk.

Bagaimana Moms, tertarik untuk mengonsumsi si kecil yang berkhasiat ini?