Kenali Gejala Kanker Usus

Waspada, Moms! Makanan-Makanan Ini Bisa Sebabkan Kanker Usus

Jenis kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan sering dikenal dengan istilah kanker usus.  Kasus kanker usus biasanya diawali dengan pembentukan gumpalan-gumpalan sel berukuran kecil yang disebut polip adenoma. Polip adenoma inilah yang kemudian kemudian menyebar secara tidak terkendali seiring waktu.

Gejala kanker usus dapat diketahui bila ada darah pada kotoran (feses), terjadi diare, berat badan turun terus, mudah lelah, nyeri atau kram pada perut. Gejala sakit perut riang seperti perut kembung, meningkatnya frekuensi buang air besar atau nafsu makan jadi menurun dapat diidentifikasi sebagai gejala kanker.

Jika Moms sering merasakan nyeri di bagian perut, jangan meremehkan ya segeralah hubungi dokter bisa jadi itu kanker usus.

Makanan Penyebab Kanker Usus

Waspada, Moms! Makanan-Makanan Ini Bisa Sebabkan Kanker Usus

Ada 2 faktor utama penyebab kanker usus yaitu genetik dan pola hidup yang tidak sehat. Genetik biasa terjadi, jadi Moms memiliki orangtua dengan penyakit kanker usus maka ada kemungkinan penyakit ini menurun.

Untuk pola hidup tidak sehat biasanya terjadi pada orang yang malas olah raga dan suka makanan cepat saji. Tahukah Moms bahwa sosis, ham, dan steak yang biasa dikonsumsi ternyata merupakan makanan penyebab kanker. Berdasarkan penelitian epidemiologi, daging merah seperti sapi, domba, kambing atau babi dapat meningkatkan perkembangan sel kanker usus. Jadi, jika sering mengkonsumi jenis makanan tersebut maka peluang terkena kanker usus akan tinggi.

Menurut riset, mengkonsumsi 50 gram sosis setiap hari mampu meningkatkan resiko kanker usus hingga 20 persen. Hmm serem ya Moms, tapi bukan berarti tidak makan sosis atau stek ya. Sebaliknya tingkat konsumsi yang harus dikontrol.

Makanan penyebab kanker usus yang lain yaitu  makanan yang mengandung alkohol. Menurut lembaga bernama Health Professionals Follow-up Study (HPFS) menyebutkan seseorang yang mengkonsumsi alkohol lebih dari 2 kali sehari berisiko terkena kanker usus lebih tinggi dari yang tidak.

Makanan dengan karbohidrat tinggi, olahan yang tidak menggunakan pewarna makanan dan hidangan yang tidak mengandung serat dapat memicu kanker usus juga.

baca juga

Makanan Pencegah Kanker Usus

Waspada, Moms! Makanan-Makanan Ini Bisa Sebabkan Kanker Usus

Ada makanan penyebab kanker maka ada pula makanan pencegahnya. Makanan pencegah kanker usus antara lain makanan yang tinggi folat seperti kacang polong, buncis, bayam, kacang merah dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi makanan mengandung folat sebanyak 200 mikrogram per hari dapat menurunkan risiko hingga lebih dari 52 persen.

Susu dan olahannya seperti yoghurt juga mampu menangkal kanker usus. Faktanya dengan mengkonsumsi susu setidaknya satu gelas dalam sehari, dapat menurunkan risiko kanker usus besar hingga 15 persen lho, Moms.

Selain itu sayuran seperti brokoli,  kangkung dan lobak ampuh mencegah kanker karena mengandung berbagai senyawa yang menjinakkan zat penyebab kanker. Makanan tinggi serat misalnya buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan terbukti mampu menjauhkan dari kanker usus.

Selain makan makanan yang mampu mencegah kanker Moms juga harus terapkanlprinsip pola hidup sehat, rajin olah raga,  kurangi makanan cepat saji, konsumsi vitamin dan perbanyak minum air putih.