Sehat Menurut WHO

Tips Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Hamil, Moms Harus Tahu!

Pengertian sehat menurut WHO adalah suatu keadaan kondisi fisik, mental dan kesejahteraan sosial yang baik dalam satu kesatuan bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan, melainkan . Ketiga komponen sehat versi WHO adalah jasmani, rohani dan spiritual.

Sehat jasmani adalah komponen penting dalam arti sehat seutuhnya. Moms dengan bila penampilan fisik prima serta fungsi fisiologi tubuh berjalan normal maka baru dapat disebut sehat. Sehat mental adalah pendukung sehat jasmani. Istilah asing menyebut "Men Sana In Corpore Sano" yakni jiwa yang sehat terdapat di dalam tubuh yang sehat. Jadi kalau mau sehat badan mental juga harus selalu berfikir positif ya Moms.

Sementara itu, sehat spritual merupakan keseimbangan jiwa yang dinamis dan tidak monoton. Mendapat pendidikan, kesempatan untuk berlibur, siraman rohani, mendengar alunan musik, dan lainnya akan memberikan Moms kedamaian spiritualnya.

Bagaimana Pola Hidup Sehat itu?

Tips Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Hamil, Moms Harus Tahu!

Pola hidup sehat adalah upaya sesorang untuk menjaga tubuh agar selalu fit. Pola hidup sehat tidak terbatas pada kegiatan olahraga ya Moms tapi ada ragamnya. Beberapa pola hidup sehat yang perlu dilakukan. Pertama, istirahat yang cukup. Nah, waktu tidur yang baik itu antara 6 – 8 jam setiap harinya ya. Kedua, sarapan pagi yang cukup untuk memberikan energi saat menjalani rutinitas harian

Ketiga, minum air putih secara teratur. Setidaknya minum air sebanyak 8 gelas setiap hari ya Moms agar metabolisme terjaga. Keempat, hidup dengan bersih. Tempat yang bersih bakalan membuat nyaman, sehat dan terhindar dari penyakit.

Kelima, berolahraga secara teratur. Berolahraga dapat juga mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh melalui saluran keringat. Lakukan olah raga selama 3 – 5 kali seminggu dengan durasi setidaknya 30 menit.

Keenam, konsumsi buah dan sayur. Beberapa kandungan nutrisi dan vitamin menjadikan tubuh bugar. Terakhir, batasi konsumsi gula dan kafein. Konsumsi gula dan kafein secara tidak berlebihan berdampak buruk bagi tubuh lho Moms.

baca juga

Tips Sehat Bagi Ibu Hamil

Tips Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Hamil, Moms Harus Tahu!

Kalau dalam keadaan biasa, Mom harus jaga kesehatan, apalagi saat hamil. Tips sehat ibu hamil yang perlu Mons ketahui. Pertama, hindari alkohol dan kafein, karena dapat menembus plasenta ibu hamil dan bisa berdampak pada janin yang dikandung seperti kelahiran cacat lho Moms.

Kedua, jauhi rokok dan asapnya. Riset membuktikan ibu hamil perokok pasif beresiko melahirkan anak dengan cacat fisik atau lahir prematur apalagi perokok aktif. Ketiga, lakukan kontrol secara rutin  untuk mengetahui kondisi perkembangan janin.

Keempat, hindari junk food serta cukupi konsumsi air, buah dan sayur agar janin selalu sehat. Kelima, Lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai di sekeliling rumah agat tubuh tetap bugar dan tidak gampang terserang penyakit. Keenam, hindari mengonsumsi sembarang obat tanpa berkonsultasi pada dokter karena sangat berbahaya untuk janin.

Ketujuh, hindari berinteraksi dengan hewan terutama yang belum mendapat vaksin. Tak kalah penting penting yaitu cukupwaktu istirahat agar badan senantiasa fit dan bugar ya, Moms.