Manfaat Ikan Gabus

Manfaat Ikan Gabus

Seperti yang disebutkan di atas, ikan gabus sangat kaya akan albumin, yang merupakan salah satu jenis protein penting bagi tubuh. Khasiat dari albumin itu sendiri dapat menyembuhkan luka-luka yang terdapat pada tubuh manusia. Nah, manfaat ikan gabus itu sendiri telah terbukti dapat meningkatkan kadar albumin dalam darah. Kekurangan albumin dalam tubuh atau biasa disebut hypoalbumin, menyebabkan nutrisi tidak bisa disebar dengan baik ke seluruh tubuh. Bagi anak, kekurangan albumin akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan, perkembangan otak, penurunan kekebalan tubuh hingga menyebabkan anak mudah sakit.

Ada pun manfaat lainnya ikan gabus untuk kesehatan adalah membantu penyembuhan beberapa penyakit seperti kanker, stroke, gagal ginjal, diabetes melitus hingga pengobatan pasca operasi. Ternyata, banyak banget manfaatnya kan Moms?

Aneka Olahan Ikan Gabus

Aneka Olahan Ikan Gabus

Ikan gabus dapat Moms sajikan untuk keluarga karena dapat dikonsumsi baik untuk orang dewasa atau anak-anak. Ada banyak sekali aneka olahan ikan gabus yang bisa Moms coba di rumah lho. Olahan ikan gabus paling populer adalah Ikan Gabus Pucung. Ikan gabus ini memiliki cita rasa dan bumbu yang khas. Dengan aneka rempah-rempahnya yang berlimpah, ikan gabus pucung dimasak dengan kuah dan bumbu berwarna kuning. Moms sudah pernah mencobanya? Ternyata, nggak cuma ikan gabus pucung aja lho yang enak disantap, ada juga olahan ikan gabus asin pedas yang wajib Moms coba.

baca juga

Ikan Gabus Asin Pedas

Ikan Gabus Asin Pedas

Buat Mommy yang doyan makanan pedas, nggak ada salahnya buat mencoba masakan jenis ini. Caranya gampang kok, cukup siapkan bumbu halus pedas dan ikan gabus asin tiga ekor saja. Kemudian, oseng bumbu pedas halus tersebut sampai wangi, masukkan ikan gabus asin yang telah dipotong dadu ke dalam wajan berisi bumbu halus pedas. Oseng-oseng hingga matang dan sajikan dengan nasi hangat. Mudah kan?

Ikan gabus asin mudah banget Moms jumpai di pasar. Sebenarnya, ikan gabus asin lebih awet daripada ikan gabus segar karena dapat disimpan berhari-hari dan nggak akan basi. Moms jangan takut kandungan gizinya hilang ya kalau mengonsumsi ikan gabus asin, soalnya kandungan gizinya tetap terjaga dengan baik. Jadi, sama saja antara ikan gabus asin atau ikan gabus segar.