Kenali Penyebab Asam Urat

Atasi Asam Urat dengan Air Rebusan Daun Salam dan Sereh

Penyakit asam urat adalah suatu penyakit yang memberikan rasa sangat nyeri, ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis karena adanya endapan kristal monosodium urat yang terkumpul. Asam urat pada sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah.

Penyebab asam urat antara lain di pengaruhi faktor usia, makanan yang  dimakan dan aktifitas kerja tinggi yang tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat.  Aktivitas sehari-hari akan tergangu karena rasa sakit ini. Maka dari itu asam urat harus diatasi dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Salah satunya dengan rebusan daun salam dan sereh.

Kandungan dan Manfaat Daun Salam dan Sereh 

Atasi Asam Urat dengan Air Rebusan Daun Salam dan Sereh

Sebagai negara tropis Indonesia dipenuhi kekayaan alam hayati yang banyak. Ragam tanaman obat salah satunya, Moms sebagai ibu pasti masih sering memakai obat herbal untuk kesehatan keluarga. Daun salam dan sereh bisa jadi pilihan obat herbal pilihan.

Daun salam memiliki kandungan salisilat, rutin, asam caffeic, fitonutrien dan flavonoid serta vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan. Berbeda dengan salam, daun serai memiliki zat anti-mikroba dan anti-bakteri serta minyak astirin.

Manfaat daun salam dan sereh untuk kesehatan sangat banyak. Rebusan salam saja dapat menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, mengobati sakit mata, mengatasi masalah tukak lambung. Selain itu daun salam untuk asam urat juga bisa lho Mom dan banyak lagi.

Sedangkan rebusan sereh bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker, mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, dan diare. Sereh juga banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah, memperkuat serta meningkatkan fungsi sistem saraf. Selain itu, dapat meringankan semua jenis peradangan ataupun iritabilitas. Hmm, jika kedua bahan digambung maka manfaatnya akan berlipat ganda dong Moms.

baca juga

Manfaat Daun Salam dan Sereh untuk mengatasi Asam Urat

Atasi Asam Urat dengan Air Rebusan Daun Salam dan Sereh

Manfaat daun salam dan sereh untuk asam urat sudah terbukti sejak dulu kala. Kandungan herbalnya baik baik pada tubuh akan memberikan penyembuhan yang tepat. Pengobatan asam urat dengan bahan alami juga sebaiknya diutamakan karena selain efektif menyembuhkan penyakit, bahan alami juga memiliki efek samping yang lebih sedikit.
 
Siapkan bahan-bahan ini:

  • 1 daun sereh
  • 5 Lembar daum salam
  • Madu
  • 4 gelas air putih

 
Cara merebus daun salam dan sereh adalah sebagai berikut:

Hal pertama yang dilakukan adalah membersihkan sereh dan salam di air mengalir. Kemudian, Moms cukup memasukan semua bahan dalam panci, lalu rebus hingga mendidih. Rebusan hingga air rebusa  berkurang sampai sekiranya satu gelas.

Terakhir, minumlah rebusan daun sereh dan salam saat dingin, tambahkan madu sesuai selera.
Nah, begitulah cara membuat rebusan daun salam dan sereh untuk mengobati penyakit asam urat. Mudahkan Moms? Rebusan herbal ini bisa diminum setiap  hari agar asam urat hilang dan untuk menjaga badan tetap fit. Selamat mencoba.