Asal-Usul Batagor Bandung

Asal-Usul Batagor Bandung

Awalnya, pembuatan batagor ini sangat tidak disengaja oleh penciptanya, Moms. Berawal dari penjualan bakso tahu bernama Isan atau Ihsan di tahun 1973 yang tidak begitu laris. Sang penjual pun berinisiatif untuk menggoreng sisa bahan yang tidak terjual dan membagikannya kepada para tetangga. Namun, tidak disangka makanan tersebut mendapat respon positif dari tetangganya. Wah, hanya dari sebuah ketidaksengajaan, sekarang batagor merupakan salah satu oleh-oleh yang paling diincar di Bandung ya Moms!

Dimulai dari hanya satu varian yaitu batagor saja. Sekarang sudah banyak kreasi yang disajikan dari olahan batagor. Dari mulai batagor kuah, batagor kering, hingga batagor tahu.

Batagor Kuah: hangat dan lezat!

Batagor Kuah: hangat dan lezat!

Batagor kuah. Wah, Moms pasti gak asing banget sama variasi batagor satu ini. Jajanan khas Bandung yang cocok banget dimakan saat cuaca hujan ini sudah menjadi makanan favorit warga Bandung maupun para pendatang. Batagor yang disajikan dengan kuah kaldu menciptakan perpaduan yang sangat lezat lho, Moms! Batagor yang renyah, dicampur dengan kuah kaldu yang hangat menjadi teman yang sangat cocok untuk cuaca hujan. Kelezatan dari batagor kuah ini sudah tidak usah diragukan lagi, Moms!

baca juga

Batagor Kering yang tak kalah sedap!

Batagor Kering yang tak kalah sedap!

Tidak kalah dengan batagor kuah, batagor kering disajikan dengan kuah kacang dan kecap ini juga merupakan jajanan khas Bandung yang sangat lezat Moms! Penjual batagor kering banyak dijumpai di jalanan kota Bandung, dari pedagang keliling sepeda, gerobak, sampai dengan restoran nya pun ada! Batagor kering ini biasanya paling sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bandung. Batagor kering yang dibeli untuk oleh-oleh ini biasanya dijual dalam keadaan mentah dan beku. Jadi, ketika sampai di tujuan, Moms tinggal goreng batagor diatas api kecil. Mudah sekali kan Moms!

Resep Batagor Bandung

Resep Batagor Bandung

Moms, untuk makan batagor sudah tidak perlu repot-repot sampai pergi ke Bandung. Moms bisa langsung membuatnya di dapur rumah Moms sendiri! Yuk disimak cara membuatnya, Moms.

Bahan:

  • 150gr daging ayam (cincang)
  • 150gr ikan tenggiri (cincang)
  • 50ml santan cair
  • 1 butir telur ayam
  • 10 buah tahu putiih
  • 6 sendok tepung tapioka
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus:
  • Bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kecap
Langkah membuat batagor:
  1. Campur daging ayam cincang, ikan tenggiri cincang, bumbu halus, tepung tapioka, minyak goreng, telur dan santan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Kosongkan bagian tengah tahu dan isi dengan adonan yang telah dicampur sebelumnya.
  3. Panaskan minyak goreng dengan api sedang.
  4. Goreng batagor hingga berwarna keemasan dan sudah matang merata.
  5. Tiriskan batagor dan sajikan bersama dengan bumbu kacang.

 
Nah, Moms mudah kan membuat batagor di rumah? Tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati sepiring batagor yang lezat, karena Moms bisa membuatnya sendiri di rumah Moms. Jangan lupa coba di rumah ya, Moms!