Manfaat Kencur untuk Batuk Berdahak

Batuk berdahak yang parah dapat menyebabkan infeksi paru-paru, oleh karena itu untuk mencegah infeksi paru-paru dan mengatasi batuk berdahak kita perlu mengencerkan dahak. Cara alami mengencerkan dahak adalah dengan kencur. Mengonsumsi kencur mampu membuat pernapasan kita lebih terasa lega serta dapat membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. Selain itu, kencur memiliki sensasi hangat yang alami sehingga mampu membuat tubuh Moms terasa hangat dan pernapasan lebih lega.

Manfaat Kencur untuk Batuk Berdahak

Tips Mengobati Batuk Pada Anak Dengan Kencur

Moms dapat melakukan beberapa cara untuk mengobati batuk pada anak dengan kencur yaitu mengunyah kencur mentah dan perasan kencur. Untuk mengunyah kencur mentah Moms dapat mengambil 2 atau 3 siung kencur yang sudah dikupas kulitnya dan dibersihkan, lalu bisa direbus agar lunak dan dikunyah. Rasa yang dikeluarkan akan rasa kurang enak namun Moms harus tahu kalau cara ini sangat ampuh untuk mengobati batuk. 

Selain itu, untuk meminum perasan kencur Moms dapat menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan antara lain kencur, madu dan sedikit garam. Cara membuatnya pun mudah Moms hanya perlu mencuci bersih kencur dan kupas kulitnya. Parut kencur, lalu peras dan ambil airnya. Moms dapat menambahkan sedikit air, garam dan madu lalu aduk hingga rata. Minum setiap 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal, Moms. 

baca juga

Kencur dan Garam

Kencur dan garam memang dikenal ampuh untuk mengatasi batuk pada si anak bahkan orang dewasa juga. Moms dapat mencoba di rumah, karena kencur dan garam termasuk bahan alami oleh karena itu ramuan ini tidak memiliki efek samping dan cocok untuk dikonsumsi segala rentan usia. Moms hanya tinggal mengunyah kencur dan garam secara bersamaan. Tapi, hanya dikunyah Moms tidak untuk ditelan. Opsi lain jika Moms tidak terlalu kuat untuk menahan rasa pedas yang dikeluarkan kencur. Moms dapat mengunyah kencur, setelah itu bisa kumur-kumur dengan air garam. 

Kencur dan Garam

Kencur dan Jahe

Selain garam yang dapat dikombinasikan dengan kencur untuk dijadikan ramuan obat batuk alami. Kencur dapat dikombinasikan dengan jahe. Keduanya merupakan bahan alami yang mampu mengatasi batuk berdahak dan kering. Selain kandungan yang memiliki banyak manfaat dari kencur, jahe pun memiliki manfaat seperti memiliki antibakteri yang tinggi. Jahe pun dinilai sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati batuk. Moms bisa mengambil sari dari jahe dan sari dari kencur dan diminum secara bersamaan, Moms bisa lakukan 3 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

Kencur dan Jahe