Labu siam, sayuran menyerupai buah berwarna hijau ini sangat mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun supermarket di Indonesia. Labu siam memang sayuran rakyat, karena bisa diolah menjadi aneka makanan nikmat. Mau dimasak menjadi sayur lodeh, campuran rawon daging atau pun dimakan mentah dengan cara direbus, semua sama-sama enaknya.

Tahukah Moms, sayuran yang empuk dan mengandung banyak air ini punya berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan?

Manfaat labu siam untuk bayi


Di masa-masa awal perkenalannya dengan makanan padat, Moms bisa mencoba memberikan labu siam untuk bayi. Teksturnya yang empuk, mudah dicerna oleh bayi. Selain itu, labu siam mengandung fosfor dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Sajikan labu siam dengan cara dikukus dan dihancurkan menyerupai bubur. Untuk bayi yang lebih besar, Moms bisa memberikan potongan labu siam rebus untuk digenggam sendiri oleh bayi.
 

Manfaat labu siam untuk bayi


 

baca juga

Manfaat labu siam untuk diet


Labu yang juga dikenal dengan nama labu Jepang ini merupakan sayuran yang jadi andalan mereka yang berdiet. Tentu tak sembarangan, pemilihan buah labu siam untuk diet ini ada alasannya.

Seratnya tinggi, sehingga Moms tidak mudah lapar jika mengonsumsinya. Di sisi lain, kalorinya rendah sehingga Moms tidak perlu khawatir bakal ditimbun menjadi lemak dalam tubuh. Cara mengonsumsinya pun mudah. Moms bisa merebus labu siap dan meminum air rebusannya setiap pagi secara rutin. Atau jika ingin mendapat manfaat lebih, rebus labu siam dan makan begitu saja. Rasanya enak lho!
 

Manfaat labu siam untuk diet


 

Manfaat labu siam untuk ibu hamil


Bagi ibu hamil, salah satu masalah yang seringkali muncul adalah sembelit. Moms bisa mengatasinya dengan cara rutin mengonsumsi labu siam karena kadar seratnya yang tinggi. Dalam 100 gram labu siam mengandung 1,7 gram serat. 

Selain itu, labu siam mengandung asam folat yang cukup memenuhi kebutuhan harian ibu hamil. Dalam 100 gram labu siam, mengandung asam folat sebanyak 93 mg yang artinya memenuhi sekitar 23 persen kebutuhan harian ibu hamil. 

Manfaat labu siam untuk ibu hamil


 

baca juga

Manfaat labu siam untuk hipertensi


Jika bicara soal pengobatan alternatif hipertensi, labu siam seringkali disebut. Labu siam memang tak bisa mengobati, tetapi dapat meredam naiknya tekanan darah penderita hipertensi. Konon, labu siam bersifat diuretik alias peluruh air seni sehingga kandungan garam dalam tubuh pun ikut terbuang.

Selain itu kandungan alkoloidnya dipercaya membuka pembuluh darah yang tersumbat sehingga aliran darah lebih lancar. Jika aliran darah lancar, maka tekanan darah pun bisa terkendali.

Manfaat labu siam untuk hipertensi


 

Manfaat labu siam untuk kecantikan


Selain baik untuk kesehatan ibu hamil, diet dan asupan gizi bayi, ternyata labu siam juga baik untuk merawat kulit. Bahkan labu siam bisa lho dibuat DIY masker wajah.

Caranya gampang sekali, Moms. Belah labu siam menjadi dua bagian, diamkan sejenak lalu gosokkan satu sama lain hingga terbentuk pasta. Pasta inilah yang dicampurkan dengan minyak zaitun, lalu dioleskan ke seluruh bagian wajah. Diamkan sampai kering. Bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

Penggunaan DIY masker wajah ini dapat membuat kulit wajah lembap dan glowing. Tapi untuk hasil yang lebih baik, tentu saja perawatan dari dalam alias konsumsi labu siam secara teratur.
 

Manfaat labu siam untuk kecantikan

Begitu banyak ya manfaat dari kandungan labu siam. Yuk sediakan labu siam sebagai salah satu sayuran wajib di rumah Moms dari sekarang.