Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil


Jika Moms sedang hamil, maka sayuran ini jelas-jelas wajib untuk dikonsumsi. Pasalnya, selama kehamilan akan ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan berujung gangguan serius.

Hebatnya, konsumsi brokoli ternyata bisa menurunkan berbagai risiko perubahan tidak menyenangkan yang terjadi dalam tubuh bumil, berikut beberapa di antaranya:
Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil
source: https://doktersehat.com/wp-content/uploads/2018/05/doktersehat-ibu-hamil-makan-brokoli.jpg
  • Mencegah konstipasi. Susah buang air besar adalah hal yang sangat sering dialami ibu hamil karena perubahan hormon dan metabolisme tubuh. Namun kandungan serat dan zat besi di dalam brokoli akan membantu meringankan gejala tersebut.
  • Mencegah anemia. Saat hamil, anemia adalah ancaman yang cukup serius. Salah satu cara mengatasinya adalah mengonsumsi banyak makanan yang mengandung zat besi seperti brokoli. Moms bisa memilih jenis brokoli yang disuka, karena manfaat brokoli putih dan hijau pada dasarnya sama.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Perubahan hormon seringkali membuat tubuh menjadi lemah sehingga imunitas juga berkurang. Namun konsumsi brokoli secara teratur ternyata bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Moms tetap bugar selama hamil.
  • Mengurangi risiko bayi lahir cacat. Brokoli mengandung asam folat yang sangat berguna untuk memperkuat sistem syaraf dan memberikan nutrisi untuk otak dan sumsum belakang. Karena manfaat asam folat yang luar biasa, zat ini bahkan biasanya dimasukkan dalam susu formula untuk ibu hamil.
  • Menormalkan kadar gula darah. Brokoli diketahui dapat menormalkan tekanan darah dan menstabilkan gula darah. Karenanya, sayuran ini bisa jadi alternatif bagi ibu hamil penderita diabetes.

Walau Tidak Hamil, Moms Juga Harus Makan Brokoli


Kandungan gizi dalam brokoli jelas sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Namun walau dalam kondisi tidak mengandung, bukan berarti tubuh tidak membutuhkannya. Pasalnya, ada sejumlah manfaat brokoli untuk diet, kesehatan, dan lain-lain yang mungkin tidak Moms ketahui sebelumnya:
  • Membantu menjaga kesehatan jantung, sehingga aliran darah tetap normal dan aktivitas bisa dilakukan dengan baik.
  • Tak hanya pada ibu hamil, manfaat brokoli untuk anak antara lain adalah menjaga kesehatan perut dan pencernaan, otak, pernapasan, dan tulang. Dengan demikian, anak bisa tumbuh dengan baik tanpa dihantui masalah kesehatan.
Walau Tidak Hamil, Moms Juga Harus Makan Brokoli
source: https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2016/09/manfaat-brokoli-bagi-kesehatan.jpg
  • Melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga diet bisa dilakukan dengan mudah.
  • Membantu menurunkan stress karena asam folat yang mempengaruhi perkembangan dan kinerja otak.
  • Merawat kesehatan kulit sehingga kecantikan tetap terjaga.
Walau terlihat sederhana dan mudah didapat, ternyata manfaat brokoli benar-benar luar biasa ya Moms. Makanya jangan ragu mengonsumsinya setiap hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Jangan lupa mulai membiasakan anak untuk mengonsumsinya sejak dini agar tumbuh kembang mereka berlangsung dengan baik.