Manfaat Kencur untuk Kecantikan

Manfaat Kencur untuk Kecantikan

Kencur adalah salah satu bumbu yang wajib ada di dapur. Tapi, tahu gak sih, Moms? Ternyata kencur juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, lho! Beberapa manfaat kencur untuk kulit adalah menghilangkan jerawat, mencegah datangnya jerawat, sampai mencerahkan wajah. Gak usah pusing lagi, Moms, mengobati jerawat membandel dan mencerahkan wajah bisa menggunakan kencur seperti menjadikannya sebagai masker.

Bebas Jerawat dengan Masker Kencur

Bebas Jerawat dengan Masker Kencur

Untuk mengobati jerawat, coba pakai cara alami yuk, Moms! Cara membuatnya juga sangat mudah. Siapkan beberapa ruas kencur, cuci bersih, kupas, dan parut. Peras parutan kencur untuk mendapatkan sari-sarinya. Endapkan beberapa menit dan ambil sari-sari kencur. Lalu tepuk-tepuk ringan ke wajah dan diamkan semalaman. Jadikan seperti water sleeping mask, Moms! Bersihkan wajah saat Moms bangun dengan air bersih, dan ulangi cara ini sampai jerawat hilang.

baca juga

Masker Kencur dan Kunyit

Masker Kencur dan Kunyit

Masker kencur dan kunyit ini juga mempunyai beragam manfaat, Moms. Karena kealamiannya, masker ini aman dan tidak memiliki efek samping saat digunakan. Manfaat dari masker kencur dan kunyit antara lain adalah mencerahkan wajah secara alami dan menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu.

Untuk membuat masker ini, Moms harus memperhatikan takarannya, ya! Takaran antara kencur dan beras. Karena jika terlalu banyak akan menyebabkan efek kuning pada wajah. Cukup campurkan air perasan kencur dengan kunyit yang sudah berbentuk bubuk dan buat sampai kental dengan menambahkan air mawar atau madu. Setelah diaplikasikan ke wajah, tunggu 15 menit dan bilas dengan air hangat. Gunakan seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal!

Masker Beras Kencur dan Kamboja

Masker Beras Kencur dan Kamboja

Yang terakhir adalah masker beras kencur dengan kamboja. Ya, bunga kamboja! Bunga yang identik dengan Bali ini ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan, Moms. Bunga kamboja memiliki kandungan vitamin E dan emolien yang sangat baik untuk kulit dan dapat meningkatkan elastisitas kulit, kandungan yang baik ini juga dapat menghindari kulit wajah dari kekeringan.

Selain itu, kadar kolagen yang tinggi dalam bunga kamboja juga dipercaya dapat mencegah penuaan dini. Manfaat baik ini sangat cocok untuk dipadukan dengan beras kencur yang juga tidak kalah bermanfaat untuk kecantikan.

Untuk memanfaatkan kamboja untuk kecantikan, Moms bisa membuat masker dari sari kamboja, lho! Caranya sangat mudah. Sari bunga kamboja sudah banyak dijual dalam bentuk bubuk. Moms bisa mencampurkannya juga dengan sari kencur dan oleskan ke wajah. Tunggu 15-20 menit. Bilas! Ulangi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang bagus. 

Tertarik mencoba buat dirumah, Moms?