Indonesia dikenal dengan aneka rempah-rempah, sehingga rasa dari suatu masakan beragam jenisnya. Termasuk aneka olahan makanan dengan bumbu bali. Bumbu bali memiliki cita rasa yang khas, membuat siapapun yang mencicipi atau sekadar melihatnya langsung 'ngiler'. Lalu apa saja sih aneka olahan makanan yang dikombinasikan dengan bumbu bali? Simak, yuk, moms.

Bumbu Bali Ayam

Ayam hampir selalu menjadi bahan pokok di setiap makanan, salah satunya bumbu bali ayam. Selain mudah diolah, banyak yang suka dengan olahan ayam mulai dari anak muda hingga orang tua. Jika ditambah dengan bumbu bali, ayam akan semakin menggiurkan, moms.

Moms terlebih dahulu menumis bumbu bali dan campurkan dengan daun salam, hingga bau harumnya keluar. Baru moms bisa masukkan ayamnya.

Bumbu Bali Ayam
baca juga

Bumbu Bali Telur

Telur memiliki protein yang tinggi bagi kesehatan manusia. Rasa dari telur juga tak kalah enak dengan ayam, apalagi diolah dengan bumbu bali. Sebelum mengolah telur dengan bumbu bali, pastikan telur sudah direbus terlebih dahulu ya, moms. Setelah itu baru bisa dicampur dengan bumbu bali yang sudah ditumis berbarengan dengan daun jeruk nipis.

Bumbu Bali Telur

Bumbu Bali Daging

Daging bisa digunakan untuk membuat olahan dengan bumbu bali bisa daging kambing, domba, atau sapi. Memang olahan bumbu bali daging ini terlihat seperti rendang, tapi tentu cara memasak dan rasanya berbeda. Pastikan juga memotong dagingnya jangan terlalu tebal agar tidak keras saat digigit. Moms bisa tambahkan air panas saat sedang memasak daging dengan bumbu bali, agar rasa bumbunya lebih meresap dengan daging.

Bumbu Bali Daging
baca juga

Bumbu Bali Bandeng

Kalau mendengar ikan bandeng, pasti moms selalu ingat dengan olahan bandeng presto. Kali ini, bandeng tidak cuma bisa dibuat presto tapi juga bisa diolah dengan bumbu bali. Sebelum dimasak, pastikan ikan bandeng direndam dengan perasan jeruk nipis, kunyit, dan garam, lalu diamkan sekitar 20 menit. Selain untuk menghilangnya bau amis, ketiga bahan itu juga membuat ikan bandeng terasa gurih jika sudah diolah.

Bumbu Bali Bandeng

Bumbu Bali Tahu

Tidak cuma digoreng saja, tahu juga bisa diolah dengan bumbu bali. Olahan bumbu bali tahu ini bisa disantap tanpa nasi atau apapun, bisa juga disantap dengan nasi hangat agar lebih nikmat. Moms bisa gunakan tahu putih atau tahu coklat, tetapi digoreng terlebih dahulu sebelum dicampur dengan tumisan bumbu bali.

Bumbu Bali Tahu

Bervariasi, bukan olahan makanan dengan bumbu bali? Moms bisa coba masak di rumah karena cara membuatnya sangat mudah, dan bahan mudah didapatkan.