Kenapa Harus Suntik TT Sebelum Menikah?


Suntik TT (Tetanus Toksoid) adalah tindakan untuk mencegah infeksi tetanus yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini biasanya ditemukan di tempat-tempat yang kotor, seperti tinja, tempat sampah, bahkan besi yang berkarat.

Jika sampai masuk ke dalam tubuh, bakteri ini akan menyerang sumsun tulang belakang dan sistem syarat sehingga menyebabkan otot kaku dan kejang. Infeksi yang parah bisa berujung pada kematian. Lalu apa hubungan suntik TT dengan pernikahan?
Kenapa Harus Suntik TT Sebelum Menikah?
source: http://raw.cdn.baca.co.id/a171ee78-ae8b-4279-b032-340a110b6cfd
Sebenarnya suntik TT penting untuk semua orang. Namun sejak tahun 1986 pemerintah mewajibkan vaksinasi ini sebelum menikah karena tingginya risiko wanita terserang infeksi tetanus. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan kenapa suntik TT sebelum menikah harus dilakukan, terutama untuk kaum wanita:
  • Setelah menikah, pasangan akan melakukan hubungan suami istri untuk pertama kalinya. Saat hal ini terjadi maka wanita akan mengalami robek di bagian selaput dara. Mengingat luka ini berada di tempat yang lembab dan berpotensi menjadi sarang kuman, maka bibit penyakit sangat mungkin muncul termasuk bakteri penyebab tetanus.
  • Bakteri tetanus yang muncul dari luka di vagina bisa berdiam dalam tubuh ibu. Sehingga saat Moms hamil, sangat mungkin bakteri tersebut ditularkan pada janin.
  • Andaikan Moms selamat dari tetanus usai selaput dara robek, risiko besar masih mengancam. Saat proses persalinan, luka yang dialami bisa menjadi jalan masuk tetanus. Penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari alat persalinan yang kurang bersih, infeksi dari kotoran yang keluar, dan lain-lain.
  • Nyatanya, tak hanya mengancam ibu yang bersalin. Saat bayi lahir, pusarnya akan dipotong sehingga muncul luka pada bayi. Luka ini bisa menjadi jalan lain dari bakteri tetanus.

Kapan Harus Melakukan Suntik TT Sebelum Menikah?


Banyak orang yang bingung melakukan suntik TT sebelum menikah di mana, berapa kali, apa dampaknya, dan lain sebagainya. Karena menjadi syarat wajib sebelum menikah, tentunya pemerintah sudah berusaha agar tidak memberatkan calon pengantin.

Lakukan saja suntik TT sebelum menikah di Puskesmas terdekat, dengan biaya yang cukup terjangkau. Dan bagi yang belum tahu harus melakukan suntik TT sebelum menikah berapa kali, berikut ini adalah waktu yang disarankan oleh Kemenkes RI:
Kapan Harus Melakukan Suntik TT Sebelum Menikah?
source: http://raw.cdn.baca.co.id/06fdbd42-2328-4aaf-b8bf-d193a48de81b
  • TT 1: Usahakan 2 minggu sebelum menikah supaya tubuh punya cukup waktu membentuk antibodi:
  • TT 2: Satu bulan setelah TT 1 (untuk melindungi selama 3 tahun ke depan).
  • TT 3: Enam bulan sesudah TT 2 (untuk melindungi sampai 5 tahun ke depan).
  • TT 4: 12 bulan setelah TT 3 (untuk perlindungan selama 10 tahun).
  • TT 5: 12 bulan setelah TT 4 (melindungi hingga 25 tahun)
baca juga

Suntik TT Sebelum Menikah Menurut Islam


Kewajiban ini memang menuai banyak pro dan kontra. Muncul berbagai rumor negatif, mulai kabar suntik TT sebelum menikah sakit rasanya, bikin susah hamil, dan berbagai kabar lain yang membuat banyak orang ragu.

Ahli kesehatan sudah membuktikan bahwa suntik TT aman dan tidak memberikan dampak negatif. Meski demikian, ada satu ganjalan lain yang mungkin membuat banyak orang memilih tidak, yaitu masalah pandangan Islam.
Suntik TT Sebelum Menikah Menurut Islam
source: http://raw.cdn.baca.co.id/959a2c56-4120-4119-a894-c8448a6c5178
Dalam Al Quran, vaksin memang disebut haram jika menggunakan benda-benda yang bersifat kotor dan najis. Memang cukup beralasan karena selama ini memang banyak vaksinasi yang menggunakan bahan-bahan berbahaya dan merusak gen manusia. Hal ini tentunya akan membawa keburukan (mudharat) bagi manusia.

Meski demikian, tidak semua ulama mengharamkan suntik TT. Dalam fatwa Komisi Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 4 Tahun 2016, bahkan dijelaskan bahwa suntik TT ini sifatnya mubah (boleh) karena merupakan usaha (ihtiar untuk mendapatkan kekebalan tubuh. Namun tentu saja syaratnya vaksinasi harus menggunakan bahan yang halal dan suci.