Efek Samping Daun Salam

Manfaat daun salam untuk kesehatan selama ini dikenal ampuh untuk atasi berbagai keluhan seperti asam urat, diabetes dan menurunkan berat badan.

Tetapi Moms wajib tahu bahwa di balik manfaatnya, penggunaan yang tidak sesuai dosis dan aturan pakai ternyata dapat berpotensi menimbulkan efek samping daun salam yang berbahaya bagi kesehatan. Apa saja ya, efek sampingnya?

Efek Samping Daun Salam

Efek Samping Daun Salam untuk Diabetes
Meminum air rebusan daun salam secara rutin terbukti dapat menurunkan kadar diabetes sebab kandungan selenium dan antioksidan yang mampu meningkatkan produksi insulin. Meski demikian, ada efek samping daun salam untuk penderita diabetes yang tidak banyak diketahui orang. Efek samping ini muncul akibat penggunaan daun salam secara  berlebihan dan tidak sesuai dosis.

Penggunaan daun salam secara berlebihan pada penderita diabetes menyebabkan tubuh tidak dapat mengontrol gula darah sehingga memicu terjadinya penurunan gula darah secara drastis. Di sinilah efek samping daun salam untuk diabetes yang harus Moms waspadai. Sebab, penurunan gula darah secara drastis tentu akan membuat tubuh lemas, pusing dan tidak kuat melakukan aktifitas sehari-hari.

Efek Samping Daun Salam untuk Asam Urat
Tubuh yang terlalu banyak mengandung zat purin di dalam tubuh akan menyebabkan gangguan aktifitas ginjal. Ketika ginjal tidak bisa mengolah zat purin dengan baik, maka terjadilah pengkristalan zat purin pada sendi-sendi tubuh Moms. Itulah yang terjadi ketika Moms mengalami asam urat. Manfaat daun salam untuk asam urat didapat dari fungsi diuretik yang dapat meningkatkan aktifitas ginjal untuk meluruhkan zat-zat yang susah dicerna, dan dalam kasus asam urat adalah zat purin.

Namun, di sisi lain efek samping daun salam untuk asam urat justru berangkat dari karakter daun salam yang juga susah dicerna oleh tubuh dan berat untuk ginjal. Penggunaan daun salam secara berlebihan dan konsumsi secara langsung menyebabkan efek samping seperti sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Efek Samping Daun Salam untuk Diet
Kandungan vitamin A dan C, fitonutrien dan flavonoid pada daun salam adalah hal-hal yang dipercaya sebagai manfaat daun salam yang dapat mendukung keberhasilan diet. Flavonoid dapat membantu penyerapan vitamin dan nutrisi secara maksimal sehingga program diet Moms dapat berjalan dengan lebih baik. Sementara itu, vitamin A dan C serta fitonutrien pada daun salam akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mempercepat pembakaran lemak tubuh. Namun, bagi Moms yang sedang diet menggunakan daun salam, ada efek samping daun salam untuk diet yang wajib Moms ketahui. 

Karena daun salam susah untuk dicerna, maka Moms akan cenderung tidak nafsu makan pada saat diet dengan daun salam. Sebab menurunnya nafsu makan, Moms beresiko mudah lelah sebab kurangnya nutrisi yang diserap oleh tubuh. Selain itu, gangguan pencernaan seperti peningkatan kadar asam lambung, diare dan sembelit juga patut diwaspadai sebagai efek samping daun salam untuk diet jika Moms meggunakannya dalam dosis dan cara yang tidak tepat.

Konsumsi Sesuai Aturan Agar Manfaat Daun Salam Dapat Dirasakan Maksimal

Nah, sekarang Moms sudah tau ya, beberapa efek samping daun salam dalam penggunannya untuk terapi kesehatan dan diet. Lalu, bagaimana ya, caranya untuk menghindari efek samping daun salam ini?

Agar manfaat daun salam untuk kesehatan dan diet dapat dirasakan secara optimal, Moms harus mengikuti dosis dan cara konsumsi daun salam yang benar. Cara konsumsi daun salam untuk terapi kesehatan yang benar adalah dengan merebus daunnya dan meminum air rebusannya, bukan dikonsumsi secara langsung. Selain itu, dalam sehari Moms hanya dianjurkan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 1 gelas air rebusan daun salam agar resiko efek samping daun salam dapat diminimalisir.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.

Konsumsi Sesuai Aturan Agar Manfaat Daun Salam Dapat Dirasakan Maksimal