Agar tidak salah, yuk Moms kita pilah-pilah terlebih dahulu apa itu margarin, mentega, dan mentega putih.

Margarin


Moms, margarin adalah produk turunan dari minyak kelapa sawit dan mengandung lemak tak jenuh yang aman bagi kesehatan. Minyak kelapa sawit yang berbentuk cair terlebih dahulu melewati proses penyuntikan hidrogen hingga padat.

Margarin memilki kandungan air sekitar 16%, dan margarin memiliki titik leleh yang cukup tinggi sekitar 37 - 42° C. Hal inilah yang membuat margarin aman disimpan dalam suhu ruang tanpa harus takut meleleh. Margarin memiliki warna kuning lebih cerah dibanding mentega, dan tidak ada aroma susu ya, Moms.

Margarin
source: http://www.palmia.co.id/


 

baca juga

Mentega


Berbeda dengan margarin, mentega merupakan produk lemak yang berasal dari hewan, dan memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Mentega mengandung air sekitar 20%. Titik leleh mentega cukup rendah, yaitu antara 33 – 35° C, sehingga sulit untuk menyimpannya dalam suhu ruang. Jadi Moms harus menyimpan mentega di dalam lemari es agar tidak meleleh. Tidak seperti margarin, mentega memiliki aroma harum gurih khas susu.

Mentega
source: http://indo.amuslima.com


 

Mentega Putih


Mentega putih biasanya berasal dari lemak hewani, lemak nabati, atau percampuran antara keduanya. Tidak seperti mentega dan margarin, mentega putih sama sekali tidak ada kandungan air di dalamya. Mentega putih tidak berbau, dan bertekstur lebih padat. Titik lelehnya pun lebih tinggi dibanding margarin, sekitar 40 – 44° C. Tidak hanya bertekstur padat, shortening juga ada dalam bentuk cair.

Mentega Putih
source: https://republika.co.id/

Di Indonesia mentega putih sudah banyak dijual dipasarkan dan digunakan sebagai bahan campuran pembuatan kue. Jadi Moms bisa dengan mudah memilih mentega putih yang bagus untuk kreasi kue kering Mommies.

baca juga

Ada banyak mentega putih yang ditawarkan di Indonesia. Jika moms mencari mentega putih halal, Moms bisa membeli Amanda Baker's Fat. Produk mentega putih dari Amanda ini merupakan mentega putih dengan kualitas standar dan harga bersahabat. Mentega putih dari Amanda ini bertekstur lebih lunak.

Mentega Putih
source: https://www.tokopedia.com/

Untuk Amanda mentega putih harganya tidak terlalu mahal kok Moms. Untuk Amanda Bakers Fat Mentega Putih Repack 1000 gr, Moms hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 15 Ribu saja. Dan Moms bisa mendapatkannya di toko-toko online seperti tokopedia, atau bisa Moms beli di toko-toko bahan kue.

Mentega putih halal lainnya adalah mentega putih Palmia. Mentega putih dari Palmia ini memiliki rasa susu, jadi cocok banget Moms untuk dijadikan bahan campuran pembuat kue kering. Dengan sedikit sentuhan asin, mentega putih Palmia ini akan membuat adonan menjadi terasa lebih gurih dan tidak terlalu hambar.

Mentega Putih
source: https://www.tokopedia.com/

Palmia mentega putih harganya juga tidak terlalu mahal kok, Moms. Untuk Palmia Top white mentega putih 500gr repack (nabati) dibandrol dengan harga Rp 13.500. 

Kalau Moms mencari mentag putih impor, Moms bisa memilih mentega putih Australia Crisco All-Vegetable Shortening. Mentega putih ini diimpor langsung dari Australia. Mengandung minyak yang berasal dari tumbuhan, jadi mentega putih ini aman untuk vegetarian. Produk ini juga tidak mengandung rasa apa pun.

Mentega Putih
source: https://bacaterus.com/

Itu tadi Moms ulasan mengenai perbedaan margarin, mentega, dan mentega putih. Sekarang sudah tidak bingung lagi kan Moms?