Tetanus merupakan penyakit yang disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini ditemukan pada debu di dalam rumah, kotoran manusia dan hewan serta besi berkarat. Bakteri tetanus masuk ke tubuh melalui luka yang terbuka.

Biasanya bakteri ini menyerang luka kulit yang dalam. Bakteri yang masuk melalui luka akan mengeluarkan racun eksotoksin yang menyebar melalui aliran darah dan kelenjar getah bening. Salah satu upaya pencegahan tetanus ini penting karena infeksi tetanus dapat memengaruhi sistem saraf dan dapat berakibat fatal bila tidak diobati.

Suntik TT Ibu Hamil Berapa Kali


Sebaiknya suntik tt ibu hamil pada usia kandungan berapa sih, Moms? Jika ini merupakan kehamilan pertama Moms, biasanya dokter akan merekomendasikan Moms untuk diberikan dua kali suntik tetanus. Suntikan pertama pada usia kehamilan trimester ketiga atau suntik tt ibu hamil 7 bulan. Untuk suntikan kedua diberikan setidaknya empat minggu setelah suntikan tt pertama.

Suntik TT Ibu Hamil Berapa Kali
source: http://bidanlia.blogspot.com/

Adalagi suntikan ketiga Moms. Menurut WHO pemberian suntikan tt ketiga dilakukan enam bulan setelah suntikan tt kedua. Suntikan ketiga ini bertujuan memberi perlindungan selama setidaknya lima tahun ke depan.

baca juga

Suntikan tt aman kok Moms diberikan pada ibu hamil. Justru hal ini dapat mencegah terjadinya infeksi tetanus pada bayi baru lahir. Suntik tetanus juga dapat mencegah risiko tetanus pada ibu serta janin dalam kandungan.

Efek Samping Suntik TT Ibu Hamil


Biasanya setelah menerima suntikan TT, Moms akan mengalami efek samping berupa bintil sementara di tempat suntikan dan kemerahan, pembengkakan, dan rasa nyeri di tempat suntikan. Tapi itu tidak berlangsung lama kok Moms. Jadi jangan khawatir.

Namun untuk Moms yang memiliki riwayat alergi, suntikan tt dapat menimbulkanreaksi alergi fatal. Tapi ini sangat jarang terjadi. Jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Moms ya sebelum mendapat suntik tetanus saat hamil, terutama jika Moms memiliki riwayat alergi.

Nah Moms, itu tadi waktu dan dosis suntikan tt yang harus Moms terima ketika hamil. Jangan sampai salah ya, Moms. Happy pregnancy, Moms.