Mie Samyang
Mie Samyang adalah mie instant asal Korea Selatan yang memiliki rasa sangat pedas. Rasa yang sangat pedas ini membuat sebagian orang "ketagihan" dan ingin terus menyantapnya. 

Mencicipi Lezatnya Mie Samyang dari Korea. Apa Benar Sudah Halal?
source: https://m.tokopedia.com/bkenzstyle/paket-samyang-4-rasa-spicy-curry-cool-cheese-isi-4

Selain rasa pedas yang khas yang dimiliki mie samyang ini, porsi yang dua kali lipat dari mie instan biasanya pun menjadi kepuasaan tersendiri bagi penikmatnya. Mie yang kini bisa Moms dapatkan dengan mudah di minimarket, supermarket ataupun secara online ini ternyata memiliki cerita tersendiri bisa sampai masuk dan terkenal di Indonesia, lho.

Asal muasal mie Samyang di Indonesia
Samyang sendiri sebenarnya bukanlah nama merek mie instan, Samyang Foods adalah nama perusahaan yang memproduksi mie instan tersebut. Sedangkan mie Samyang yang populer di Indonesia bernama Buldak Bokkeummyeon

Seperti kita ketahui bersama, beberapa tahun belakangan ini Korea Selatan sedang berjaya melancarkan invasinya ke negara-negara lain di beberapa belahan dunia, termasuk Indonesia. Hal tersebut sering disebut Korean wave atau demam korea. Dari mulai musik, drama dan film, produk kosmetik hingga makanan. Jika Moms senang nonton drama Korea, pasti juga ingin ikut merasakan nikmatnya ramyeon atau mie ramen ketika sedang disantap aktor terkenal Lee Min Ho.

Mencicipi Lezatnya Mie Samyang dari Korea. Apa Benar Sudah Halal?
source: https://www.google.co.id/amp/bangka.tribunnews.com/amp/2019/03/23/youtuber-cilik-kedapatan-berbohong-makan-mie-samyang-mengaku-minta-maaf-justru-banjir-pujian

Mie Samyang pun beberapa waktu belakang ini menjadi salah satu mie yang paling banyak dicari dan menjadi produk mie yang dikenal oleh banyak orang. Ketenaran mie ini sendiri berasal dari banyaknya challenge yang dilakukan oleh para pembuat video blog (vlog). Sekarang ini memang banyak vlogger dan youtuber yang membuat konten 'Samyang Challenge'. 

baca juga

Mie Samyang yang dikenal mempunyai citarasa yang sangat pedas merupakan salah satu tantangan yang banyak dilakukan oleh para vlogger terkenal. Dan hal tersebut yang kemudian ada banyak challenge menggunakan mie ini. Sehingga tidak heran dengan banyaknya video tantangan yang ada dan bisa ditemui dengan mudah di situs video tersebut, banyak orang yang penasaran dengan rasa & level kepedasan dari mie yang satu ini.

Sehingga mie ini juga ikut terangkat namanya dan banyak dicari oleh masyarakat di Indonesia. Karena kepopulerannya, mie ini juga beberapa waktu lalu menjadi pusat perhatian karena diisukan mengandung bahan non halal yang tentu saja tidak boleh dikonsumsi masyarakat muslim. Benarkah demikian? Simak penjelasannya berikut ini Moms!

youtube:I3Djp1e30kY
source: https://youtu.be/I3Djp1e30kY
Raffi Gigi Samyang Challenge

Mie Samyang halal
Beberapa waktu yang lalu sempat viral di media sosial terkait isu penarikan beberapa produk mie instant Korea oleh BPOM, karena diduga mengandung bahan non-halal seperti DNA babi. Saat itu, ada empat produk yang ditarik yakni Samyang dengan nama produk U-Dong, Nongshim dengan nama produk Shin Ramyun Black, Samyang dengan nama produk Mi Instan Rasa Kimchi, dan Ottogi dengan nama produk Yeul Ramen.

Sementara ada mie instan Korea yang tidak mengandung DNA babi yang diimpor oleh PT Korinus. Produk PT Korinus sendiri telah memiliki sertifikasi halal dari Korea Muslim Federasi dan juga telah mengantongi sertifikat halal dari LPPOM MUI. Sertifikat tersebut diperoleh setelah melalui serangkaian proses pengujian yang ketat dan memenuhi persyaratan halal yang ditetapkan LPPOM MUI sebagai regulator produk halal di Indonesia.

Mencicipi Lezatnya Mie Samyang dari Korea. Apa Benar Sudah Halal?
source: https://www.ngelmu.id/10-tips-menikmati-samyang-halal-dengan-bahagia/

Berikut daftar Mie Samyang yang sudah terdaftar tersertifikasi Halal oleh MUI:

  1. Samyang Hot Chicken Ramen
  2. Samyang Hot Chicken Ramen Big Bowl
  3. Samyang Hot Chicken Ramen Cup
  4. Samyang Hot Chicken Ramen Cheese Flavour
  5. Samyang Hot Chicken Ramen Ice Flavour
  6. Samyang Hot Chicken Ramen Cheese Flavor Big Bowl
baca juga

Mie Samyang Terpedas (Samyang Hot Chicken Ramen)
Samyang hot chicken ramen ini adalah mie yang paling sering muncul di 'Samyang Challenge' pada channel youtube. Tantangan tersebut menunjukkan beberapa orang yang memakan mie ini bisa tahan dengan tingkat kepedasan yang disajikan. 

Mencicipi Lezatnya Mie Samyang dari Korea. Apa Benar Sudah Halal?
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.idntimes.com/food/dining-guide/amp/reza-iqbal/samyang-dapat-label-halal-mui-1

Dari bungkusnya, yang didominasi warna hitam dan merah menunjukkan mie ini memang dibuat khusus bahi pecinta pedas. Setelah kemasannya dibuka, ada 1 keping mie, bumbu saus dan rumput laut. Rasa pedas berpadu dengan mie yang kenyal ini menjadi sensasi tersendiri bagi penikmatnya. 

Mie Samyang Keju (Samyang Hot Chicken Ramen Cheese Flavor)
Salah satu mie Samyang halal dan banyak disukai masyarakat Indonesia adala Samyang hot chicken ramen cheese flavour. Jika Moms termasuk penikmat mie namun tidak terlalu suka rasa yang begitu pedas, mie samyang keju ini cocok jadi pilihan Moms.

Mencicipi Lezatnya Mie Samyang dari Korea. Apa Benar Sudah Halal?
source: http://plussize-misclaire.blogspot.com/2017/05/foodie-samyang-ramen-review.html?m=1

Bungkus luarnya berbeda dengan mie Samyang pedas, Mie Samyang keju ini didominasi warna kuning. Soal rasa mi Samyang keju ini cenderung lebih gurih dari mie Samyang pedas karena adanya bubuk keju yang menimbulkan cita rasa khas tersendiri bagi mie ini. Bubuk keju ini membuat mie menjadi lebih kental dan lebih berbumbu. Bukan mie Samyang namanya jika tidak pedas, mie Samyang ini pun juga memiliki cita rasa pedas hanya level kepedasannya di bawah mie Samyang pedas.

Nah, bagaimana Moms sudah tentukan pilihan mie Samyang apa yang akan Moms coba?