Sebagian orang mengaitkan anggur merah sebagai kemewahan ditengah selebrasi, minuman penenang sebelum tidur, bahkan pelengkap rasa dalam sebuah makanan. Tapi taukah moms,  kadar alkohol yang terkadung dalam anggur merah bisa menimbulkan dampak negatif bagi kulit?

Pada dasarnya hal yang dilakukan secara berlebihan akan menumbuhkan dampak positif, begitu juga dengan anggur merah. Berikut 4 khasiat anggur merah:

1. Mengobati Sembelit
Kandungan asam organis, gula, dan selulosa sangat efektif dalam mencegah sembelit. Ia akan memperkuat otot di perut dan usus halus.

2. Menyegarkan napas
Anggur merah bisa berfungsi sebagai obat kumur, karena flavan-3 yang terkandung dalam red wine ini bisa mengurangi "bakteri jahat" yang ada di mulut Anda.

Waspada Bahaya Anggur Merah untuk Kecantikan & Tubuh, Bisa Bikin Kulit Kusam Loh, Moms!

3. Mencengah Penyakit Kardiovaskular
Anggur bisa meningkatkan jumlah oksidan nitrat dalam darah, proses ini membantu mencegah pembentukan pembekuan darah. Maka mengkionsumsi buah anggur disarakan sebagai cara efektif mengurangi risiko serangan jantung.

Namun hal tersebut akan berbanding terbalik ketika anggur merah dikonsumsi secara berlebihan. Red wine juga mampu meningkatkan risiko demensia serta menyebabkan peradangan. Sebelum masuk membahas lebih dalam soal dampak buruk anggur merah bagi kesehatan, yuk cari tahu dulu kandungan alkohol di dalamnya!

Kadar alkohol dalam anggur merah sendiri dikategorikan golongan ke dua alias golongan B. Ia memiliki kadar etanil sebanyak 5-20%. Alkohol pada jenis ini dianggap sudah cukup tinggi dan bisa membuat mabuk terutama jika diminum dengan jumlah banyak oleh orang yang tak terbiasa.

Waspada Bahaya Anggur Merah untuk Kecantikan & Tubuh, Bisa Bikin Kulit Kusam Loh, Moms!
baca juga

Efek yang Segera Muncul

Mark Menolascino, sebagai ahli penyakit dalam berpendapat jika konsumsi anggur merah secara tidak normal akan meningkatkan risiko kanker, depresi, bahkan hingga penyakit jantung. Selain itu dampak buruk anggur merah pada wajah moms akan langsung dirasakan saat meminumnya atau keesokan harinya. Tidak hanya itu, dampak jangka panjang yang tentunya tidak moms inginkan pun akan hadir. So, risiko apa saja yang ditimbulkan oleh kebiasaan meminum berakohol pada kecantikan kulit?

Jika moms memiliki kulit luar sensitif alias menderita rosacea, akan langsung terlihat efeknya loh! Pasalnya histamin dan tiramin yang terkandung dalam red wine menyebabkan pelebaran pembulu darah, hingga dari luar nampak kulit lebih kemerahan dari biasanya. Bahkan resiko terbesar bisa membuat kulit moms menjadi bengkak.

Efek yang Segera Muncul

Efek yang Muncul Keesokan Harinya

Keesokannya anggur merah menyebabkan kulit kusam loh moms! Kebanyakan orang akan mulai mersakan efek buruk dari alkohol di pagi harinya. Semua alkohol bersifat diuretik dan membuat kulit dehidrasi. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa kulit moms teasa lebih kering dan tidak kenyal setelah mengkonsumsi alkohol. 

Penelitian berjudul Prevalence of wine intolerance: results of a survey from Mainz, Germany mengungkapkan, dari 4.000 yang menerima kuesioner, sebagain besar melaporkan tidak cocok atau intoleransi pada anggur merah atau melebihi gejala seperti yang di sebutkan sebelumnya. Parahnya lagi, kejadiaan tersebut lebih banyak dialami oleh wanita ketimbang pria.

Efek yang Muncul Keesokan Harinya
baca juga

Efek Jangka Panjang

Hanya dua gelas anggur merah setiap hari ternyata bisa membahayakan otak loh moms! Ini dibuktikan dari penerlitan Rutgers University America, menyatakan kalau wine secara terus menerus akan menurunkan produksi sel-sel otak orang dewasa hingga 40 persen.

Jumlah sel di otak nantinya secara terus-menerus memberikan efek mendalam bagi otak orang dewasa. Pasalnya sel-sel baru berkomunikasi dengan neuron lain untuk mengatur kesehatan otak hingga akhirnya mengalami demensia.

Efek Jangka Panjang