Kandungan Gizi Bawang Hitam

Kandungan Gizi Bawang Hitam

Karena bawang hitam telah melewati proses fermentasi, antioksidan yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan bawang putih segar. Hal ini karena terjadi perubahan senyawa fitokimia selama fermentasi. Selain antioksidan, bawang hitam juga mengandung beberapa senyawa yang baik untuk kesehatan, diantaranya yaitu:

  1. Karbohidrat
  2. Berbagai asam amino dan turunannya (Leusin, Isoleusin, Fenilalanin, Tirosin dan SAC)
  3. Senyawa-senyawa fitokimia (Polifenol dan Flavonoid)
Kandungan terbesar bawang hitam adalah antioksidan (SAC dan L-arginine) yang telah diteliti memiliki potensi beberapa efek biologis diantaranya: anti-diabetes, anti-kanker, dan anti-kolesterol dan anti-stroke sampai menjaga fungsi ginjal dan hati, memperlancar aliran darah dan memperbaiki sensitivitas insulin. Wah luar biasa ya, Moms. Namun ternyata masih ada lho manfaat lainnya, khususnya untuk pria. Apa saja? Baca terus sampai habis Moms dan Dads.

Manfaat Bawang Hitam bagi Pria

baca juga

1. Meningkatkan Libido

1. Meningkatkan Libido

Bawang hitam memiliki senyawa yang berfungsi sebagai afrodisiak. Afrodiasiak adalah kategori makanan atau minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual bagi orang yang mengkomsumsinya. Selain itu, senyawa allicin juga dapat mengurangi gejala keletihan sehingga gairah yang dihasilkan semakin besar, tak kalah dengan obat kuat lainnya.

2. Mengatasi Impotensi

2. Mengatasi Impotensi

Impoten adalah istilah lain dari lemah syahwat dan merupakan salah satu bagian dari disfungsi ereksi. Meskipun terdengar menyedihkan, namun hal ini masih bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami, salah satunya bawang hitam. Seperti yang kita ketahui, bawang hitam berasal dari bawang putih yang difermentasi. Meskipun difermentasi, senyawa allicin yang ada tetap terkandung dalam bawang hitam. Nah senyawa ini lah yang berfungsi sebagai afrodisiak dan dapat merangsang hormon serotonin dan dopamin yang akan memicu gairah seksual.

baca juga

3. Mengatasi Ejakulasi Dini

3. Mengatasi Ejakulasi Dini

Ejakulasi adalah saat dimana seorang pria mengeluarkan cairan encer/kental dan lengket setelah berhubungan seksual. Pria yang tidak mampu menahan ejakulasi dalam waktu lama dapat disebut ejakulasi dini. Tak ada habisnya, kandungan allicin pada bawang hitam membantu melancarkan peredaran darah ke organ seksual. Selain itu, dapat merangsang hormon testosteron yang dapat meningkatkan peforma saat melakukan hubungan seksual.