Ciri-Ciri Kerang

Secara umum, kerang merupakan jenis binatang lunak atau mollusca yang hidup di air. Hewan ini memiliki sepasang cangkang katup. Tidak memiliki kepala maupun otak, tubuhnya berupa simping yang memiliki mata. Kerang juga tidak memiliki pembuluh darah, sehingga sirkulasi yang digunakan adalah jenis terbuka. 

Ciri-Ciri Kerang

Yang menjadikan kerang unik lagi yaitu pada mulanya ketika muda kerang berupa jantan. Namun ketika menjadi dewasa kerang bisa berubah menjadi betina. Makanan yang dimakan adalah plankton yang dimakannya dengan cara menyaring.

Jenis-jenis Kerang

Sebagaimana Binatang lainnya, kerang sendiri memiliki berbagai jenis lho, moms. Yang membedakan antara semuanya adalah cangkangnya. Berbeda warna dan bentuknya akan mempengaruhi nama jenis kerang tersebut. Sebagaimana lainnya, kerang memiliki manfaat mengatasi anemia, menjaga kesehatan jantung, membentuk dan merawat otot serta menjaga sistem saraf. Adapun beberapa jenis lebih lanjut di bawah ini ya moms.

baca juga

Kerang Dara

Kerang jenis ini merupakan kerang yang paling mudah didapatkan di pasaran jika anda ingin membelinya. Dagingnya yang berwarna oranye dan abu berlindung di sebuah cangkang berwarna putih kecoklatan dan bergaris-garis.

Cara mengolahnya sangat mudah. Moms cukup merebusnya hingga matang dan sudah bisa disajikan bersama saur atau sambal cabai. Bisa juga dimasak bersama saus sesua selera ya moms. 

Kerang Dara

Kerang ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi keluarga yang menderita darah rendah atau anemia, karena banyak mengandung zat besi yang berfungsi  membentuk kembali sel-sel darah merah yang hilang. Kandungan zat besinya juga terasa di dalam cita rasanya yang khas, namun tetap gurih di lidah.

Kerang Hijau

Sebagaimana namanya, kerang hijau ini memiliki cangkang berwarna hijau, dengan bentuk pipih dan panjang, serta cangkangnya halus tidak bergaris. Kerang ini memiliki penyebutan berbeda, misalnya di Jakarta disebut kerang kijing, di Riau dikenal sebagai kemudi kapal dan di Banten disebut kedaung.

Kerang Hijau

Cara mengolahnya hampir sama dengan kerang dara. Moms bisa meresbusnya selanjtnya ditumis dengan cabe merah atau hijau. Moms juga bisa mengolahnya dengan menambahkan saus yang disukai keluarga.

baca juga

Kerang Bambu

Kerang jenis ini memiliki bentuk yang agak berbeda dari kerang lainnya. Seperti namanya, kerang ini memiliki cangkang persis bambu, panjangnya sekitar se-ibu jari orang dewasa, dan dagingnya berwarna putih seperti daging udang yang telah dikupas. Ia banyak didapati di perairan Madura dan dikenal dengan nama Lorjuk.

Kerang Bambu

Kerang bambu yang sangat unik membuat anak-anak lebih tertarik untuk menyantapnya. Nah moms cukup mengolahnya dengan saus padang atau lada hitam yang menggoyang lidah. 

Kerang Batik

Kerang batik memiliki keunikan tersendiri di bagian cangkangnya. Kerang jenis ini seringkali ditemukan di perairan indramayu. Namun sayangnya jenis kerang batik ini musiman. Jadi tidak bisa ditemukan setiap waktu. 

Kerang Batik

Cara mengolahnya pun beragam, bisa dimasak bersama dengan saus padang atau berbeque yang tentunya banyak digemari oleh keluarga ya moms. Selamat mencoba!