Brokoli hijau adalah jenis sayur-sayuran yang tergolong dalam keluarga kubis (Brassicaceae). Sayuran yang memiliki nama latin Brassica oleracea var ini berasal dari kawasan Laut Tengah dan telah dibudidayakan sejak zaman Yunani Kuno. Mengonsumsi sayur brokoli bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu memakannya dalam keadaan mentah atau matang.

Untuk menyantap brokoli dalam keadaan matang, proses memasaknya tidak boleh dilakukan terlalu lama. Sebaiknya brokoli dimasak kurang dari 5 menit untuk menjaga kandungan nutrisinya. Sementara jika ingin memakan brokoli dalam keadaan mentah, bisa dengan dibuat jus dengan cara mencampurkan sayur brokoli dengan sayur atau buah lain seperti wortel, apel, jeruk, ataupun lemon.

Kaya Nutrisi, Ini Ragam Manfaat Brokoli Hijau untuk Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi Brokoli Hijau

Brokoli sering dijuluki sebagai "Sayuran Super" karena mengandung berbagai nutrisi dan gizi tinggi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Dalam 100 gr brokoli terkandung Folat, Vitamin A, C, K, B kompleks, Zat Besi, dan Potasium (kalium). Brokoli juga dikemas oleh fotokimia dan antioksida. Fotokimia yaitu senyawa kimia pada tumbuhan yang bertanggung jawab atas warna, bau, dan rasa. Sedangkan antioksidan ialah bahan kimia yang secara alami diproduksi oleh tubuh manusia, tetapi dapat pula ditemukan pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Kandungan Nutrisi Brokoli Hijau
baca juga

Brokoli Mengandung Vitamin

Beragam jenis vitamin yang terkandung dalam brokoli pastinya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Vitamin A dan C pada brokoli berperan dalam menjaga kesehatan mata dan kulit, kedua jenis vitamin ini juga melindungi tubuh dari degenerasi faskular yang diakibatkan pengaruh radiasi dari luar. Sedangkan vitamin K pada brokoli berfungsi penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Kesehatan tulang juga bisa didapat dari kalium dan fosfor yang terkandung dalam brokoli. Kandungan vitamin B kompleks dalam brokoli juga tak kalah manfaatnya, berbagai jenis vitamin B yang terdapat dalam brokoli dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit pikun atau alzheimer dan dapat bersifat anti-depresan.

Brokoli Mengandung Vitamin

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Selain beragam vitamin, brokoli juga mengandung berbagai mineral yang berguna bagi kesehatan tubuh. Antioksidan dalam brokoli berperan untuk membantu tubuh dalam menetralisir radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel. Selain antioksidan beberapa mineral penting dalam brokoli yaitu magnesium, fosfor, dan zat besi. Mengonsumsi brokoli secara rutin berkhasiat untuk mencegah kanker, terutama kanker perut, usus, payudara dan serviks. Konsumsi brokoli juga dapat mengurangi kolesterol, menjaga kesehatan jantung dan sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengurangi reaksi alergi dan peradangan.

Seluruh manfaat tersebut tentu bisa diperoleh jika memilih sayur brokoli yang masih segar. Sayur brokoli segar memiliki ciri berwarna hijau tua dan tidak ada bercak kuning kehitaman di atasnya. Sayur ini juga tidak boleh disimpan terlalu lama, brokoli hijau hanya bisa disimpan paling lama 4 hari di dalam kulkas.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan
baca juga

Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil

Tak hanya dewasa dan anak-anak, ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran kribo ini. Manfaat brokoli untuk ibu hamil yang bisa didapat di antaranya yaitu mencegah konstipasi atau sembelit. Konstipasi pada ibu hamil disebabkan karena adanya perubahan hormon dan sistem metabolisme tubuh. Brokoli yang kaya akan akan serat dan zat besi tentu dapat membuat pencernaan ibu hamil semakin sehat. Brokoli juga dapat mencegah resiko cacat lahir, kandungan asam folat dan B kompleks pada brokoli akan mencegah kecacatan janin pada bagian otak dan sumsum tulang belakang.

Kandungan ini juga dapat memperkuat sistem syaraf serta sel darah ibu dan bayi. Brokoli juga akan mengoptimalkan tumbuh kembang janin berkat kandungan vitamin C, K, zinc dan kalsium di dalamnya. Terakhir, brokoli bisa mengatur kadar gula darah dan mencegah anemia yang kerap dialami oleh ibu hamil.

Manfaat Brokoli untuk Ibu Hamil