Apa Itu Kencur?

Kencur adalah salah satu jenis empon-empon atau tanaman obat yang bermanfaat bagi pengobatan. Jika si kecik tidak nafsu makan, maka moms bisa membuat ramuan dari tanaman ini. Karena khasiatnya dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, kencur juga bisa ditambahkan dalam masakan atau sebagai rempah-rempah, sehingga di daerah yan subur seringkali masyarakat menanamnya di sekeliling rumah.

Apa Itu Kencur?

Daun Kencur

Kencur memiliki jumlah daun yang sedikit. Namun ternyata daun tersebut juga bermanfaat untuk sayuran. Kandungan yang ada dalam helai daun kencur memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi tidak jarang, bagi beberapa kalangan menggunakan daun kencur ini sebagai sayuran. Dimasak sebagaimana memasak sayur biasanya. 

Daun Kencur
baca juga

Khasiat Daun Kencur

kencur Beserta daunnya memiliki manfaat beragam bagi tubuh moms. Berikut beberapa khasiatnya:

  • Menghangatkan tubuh. Manfaat kencur adalah untuk menghangatkan, maka manfaat tersebut pun bisa ditemukan pada bagian daunnya. Mengkonsumsi daun kencur bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dari cuaca yang ekstrim. Apalagi jika moms hidup di daerah pegunungan. Maka masakanyang mengandung daun ini sangat cocok untuk menjadi santapan keluarga.
  • Mengobati batuk. Sejak dulu, manfaat kencur terkenal sebagai obat batuk alami yang ampuh. Ternyata manfaat ini juga bisa kita ambil melalui daunnya moms. Moms bisa mencampurlan dalam tumis atau lalapan jika keluarga menderita batuk. Namun ada baiknya jika membuat perasan dari kencur sendiri agar lebih ampuh. 
Khasiat Daun Kencur
  • Menjaga stamina tubuh. Jika stamina terjaga, maka kesehatan pun akan ikut terjaga. Maka tentunya daun kencur ini sangat membantu tubuh agar terjaga dari serangan penyakit. 

Sayur Daun Kencur

Daun kencur kaya akan serat dan vitamin B dan berbagai manfaat yang dibutuhkan untuk tubuh sangat baik untuk dikonsumsi lho moms. Tentunya sangat cocok untuk dimasak sebagai sayur pada menu masakan harian, moms. 

Sayur Daun Kencur

Daun kencur bisa digunakan sebagai lalapan. Moms hanya perlu membersihkannya kemudian dicincang menjagmdi beberapa bagian. Untuk selanjutnya direbus. Setelah agak layu bisa dicampurkan sebagai bahan urap-urap dengan dicampurkan dengan sambal kelapa. Atau bisa dipadukan dengan sambal tomat kesukaan keluarga.

baca juga

Resep Tumis Daun Kencur

Bahan-bahan:

  • Daun/ pohon kencur muda 3-5 tangkai
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 7 buah cabe rawit
  • 2 buah cabe merah
  • secukupnya Garam dan gula
Resep Tumis Daun Kencur

Cara Membuatnya:

  1. Cuci batang kencur, boleh menggunakan daunnya atau batangnya saja ya. Klo daun ikut ditumis, pastikan cuci bersih agar tanah atau pasir di dalam kuncup daun kencur yang masih muda hilang, kemudian iris halus
  2. Siapkan bumbu dan iris tipis cabe bawang
  3. Tumis duo bawang setelah layu masukkan cabe iris dan batang kencur, tambahkan garam dan gula.
  4. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga layu dan air habis. Cek rasa, tumis siap disajikan dalam keadaan hangat.