Kencur adalah salah satu jenis rempah atau rimpang yang hidup di Indonesia. Kencur memiliki nama latin Kaempferia galanga. Kencur dan jahe termasuk dalam keluarga yang sama,yaitu Zingiberaceae.

Oleh karena itu, bentuk kencur dan jahe cenderung mirip, Namun, umumnya kencur memiliki penampakan kulit yang khas, berwarna kecokelatan dengan bagian dalam berwarna kuning pucat. Kencur juga memiliki aroma yang sangat kuat dan tekstur daging buahnya sedikit mirip dengan kunyit, namun lebih lembut.
 
Manfaat Kencur Hitam, Sudah Pernah Konsumsi Ini Belum Moms?
source: http://klinikata.co.id


 

Selain mengenal kencur biasa, adapula jenis kencur yang memiliki banyak khasiat, yaitu kencur hitam. Kencur hitam atau yang dikenal dengan nama Black Galinggale ini banyak ditemukan di daerah Indonesia, India, Bangladesh dan Thailand.

Kencur dengan nama latin Kaempferia parviflora ini memiliki rimpang berwarna hitam keunguan, daun oval lurus yang panjang batangnya sekitar 1-10 cm dan bunganya berwarna ungu dengan batang putih
Manfaat Kencur Hitam, Sudah Pernah Konsumsi Ini Belum Moms?
source: http://info-bertani.blogspot.com
baca juga
Sama seperti kencur biasa, kencur hitam ini memiliki banyak manfaat. Di Thailand, kencur hitam dikenal sebagai obat untuk meningkatkan vitalitas pria. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat kencur hitam :

1. Sebagai bahan obat untuk meningkatkan dan merangsang vitalitas pria
Ekstrak rimpang dari kencur hitam mengandung 70methoxyflavone yang mempunyai aktivitas menghambat PDE5 yang dapat berfungsi sebagai obat untuk meningkatkan aktivitas seksual pria, juga membantu meningkatkan kepadatan sperma.

2. Mengatasi infeksi jamur
Senyawa flavonoid dari Kaempferia parviflora memiliki aktivitas antijamur terhadap Candida albicans, dan berfungsi juga sebagai antimikroba
 
3. Sebagai bentuk modifikasi pengobatan Alzheimer
Senyawa 70methoxyflavone juga memiliki khasiat sebagai penghambatan kerja enzim kolinestarase sehingga dapat digunakan sebagai modifikasi pengobatan penyakit Alzheimer

4. Sebagai anti inflamasi dan mengatasi alergi
Kandungan di dalam kencur hitam berfungsi sebagai antiinflamasi atau meredakan peradangan dan mengatasi alergi yang terjadi pada tubuh

5. Dapat menambah kekuatan dan energi
Dalam kandungan kencur hitam juga dapat menambah kekuatan dan energi, juga berfungsi sebagai antioksidan untuk kekebalan tubuh.
Manfaat Kencur Hitam, Sudah Pernah Konsumsi Ini Belum Moms?
source: http://parenting.co.id
baca juga
Melihat manfaat kencur hitam yang cukup beragam, membuat Moms segera ingin mencoba kencur hitam? Jangan khawatir, Moms, sekarang kencur hitam sudah banyak ditemukan dimana-mana, di pasar maupun supermarket.

Bahkan sekarang ada yang menyediakan kencur bubuk, jadi tinggal diseduh dengan air panas. Namun apabila Moms ingin mengekstraksi langsung kencur hitam, Moms bisa membeli kencur hitam, lalu dicuci dan digepuk, kemudian seduh dengan air panas mendidih. Tambahkan madu atau gula untuk menetralisir rasa pahitnya.
Manfaat Kencur Hitam, Sudah Pernah Konsumsi Ini Belum Moms?
source: http://popmama.com
Nah, itu dia khasiat dari kencur hitam. Jadi menambah pengetahuan Moms ya! Semoga artikel ini membantu ya!