Hidroponik merupakan budidaya bercocok tanam yang memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dalam pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Di samping tidak memerlukan lahan yang luas, hidroponik lebih menghemat biaya karena bisa menggunakan media tanam dari barang-barang yang ada.

Cara yang paling mudah dan efisien adalah dengan cara hidroponik paralon. Pipa paralon yang biasanya digunakan untuk saluran air bisa dijadikan media tanam. Keunggulan lainnya adalah satu batang paralon dapat digunakan untuk menanam berbagai jenis tumbuhan sekaligus. Dan cara pembuatan media tanam menggunakan paralon ini terbilang cukup mudah.
 
Ada berbagai cara hidroponik paralon yang dapat diterapkan di rumah Moms. Berikut adalah beberapa contohnya:

Hidroponik Paralon Sistem Wick

Hidroponik paralon sistem wick atau dikenal juga sistem sumbu, merupakan cara hidroponik paralon paling sederhana dan dapat diterapkan oleh pemula. Hidroponik paralon sistem wick bekerja baik untuk tumbuhan atau tanaman yang tergolong kecil, namun tidak bekerja baik untuk tanaman yang membutuhkan banyak air. Jenis tanaman hidroponik yang menggunakan sistem wick ini umumnya kangkung, bayam, seledri, selada dan cabe
Menanam di Lahan Sempit, Yuk Belajar Serba-Serbi Hidroponik Paralon Moms!
source: http://clonoavirgil.wordpress.com


 

baca juga
Hidroponik Paralon Berdiri

Kalau sistem wick menanam tanaman dengan horizontal, lain dengan hidroponik paralon berdiri dimana tanaman yang ditanam dalam keadaan vertikal. Oleh karena itu disebut juga sebagai hidroponik paralon vertikal. Istilah lainnya adalah vertikultur.

Wadah yang digunakan untuk menanam tanaman atau sayuran berada dalam keadaan berdiri di atas tanah. Cara pemeliharaan dan nutrisi sama layaknya hidroponik biasa. Selain menggunakan paralon, hidroponik berdiri ini bisa menggunakan bambu besar.
Menanam di Lahan Sempit, Yuk Belajar Serba-Serbi Hidroponik Paralon Moms!
source: http://daquarotechno.org


 

Hidroponik Paralon Tanpa Pompa

Kedua jenis hidroponik diatas biasanya dilengkapi dengan pompa air untuk menyalurkan nutrisi pada tanaman. Karena tanaman tidak ditanam dengan media tanah, otomatis nutrisi didapat dari air nutrisi yang disalurkan oleh pompa.

Bagi pemula, bisa menerapkan hidroponik paralon tanpa pompa. Disarankan menggunakan sistem wick atau ditanam secara horizontal pada paralon untuk memudahkan pemberian air nutrisi. Namun perlu diingat, pemberian air nutrisi tiap tanaman bisa berbeda-beda.
Menanam di Lahan Sempit, Yuk Belajar Serba-Serbi Hidroponik Paralon Moms!
source: http://youtube.com


 

baca juga
Hidroponik Paralon Dinding

Konsep dari hidroponik adalah memanfaatkan lahan yang ada, salah satu bagian rumah yang bisa dimanfaatkan adalah dinding. Selain dapat mempercantik sudut rumah, hidroponik paralon dinding ini juga termasuk cara hidroponik yang praktis.

Berapa panjang dan lebarnya hidroponik yang ingin dibangun bisa disesuaikan dengan luas dinding. Selain itu hidroponik paralon sistem wick maupun hidroponik paralon berdiri atau vertikal dapat diterapkan. Bahkan bisa mengombinasikan kedua sistem hidroponik tersebut
Menanam di Lahan Sempit, Yuk Belajar Serba-Serbi Hidroponik Paralon Moms!
source: http://urbanhidroponik.com
Bagaimana Moms? Hidroponik paralon terlihat sangat menarik ya. Saat ini cukup banyak yang menjual paralon yang siap untuk dijadikan media tanam hidroponik. Pun apabila Moms ingin membangun sendiri, cara-caranya bisa dibilang mudah. Tidak ada alasan lagi yang menghalangi hobi berkebun, asalkan ada niat semuanya bisa dijalani. Selamat berkebun, Moms!