Baik kerang dara maupun kerang hijau memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan nutrisi pada kerang antara lain protein, asam lemak omega 3, vitamin A, vitamin B12, vitamin C, zat besi, kalsium, kalori, kalium, mangan dan selenium. Banyak manfaat ketika mengonsumsi kerang yakni dapat menjaga sistem fungsi saraf, menjaga kekuatan otot, memelihara kesehatan jantung, dan mengatasi masalah anemia.

Kerang juga biasa dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi tak jarang orang yang juga percaya bahwa kerang bisa memperburuk kesehatan ibu hamil. Jadi, fakta yang sebenarnya seperti apa?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang?

Sebenarnya mengonsumsi kerang saat kehamilan tidak menjadi masalah. Mau itu kerang atau jenis seafood lainnya, selama seafood tersebut rendah merkuri. Kerang termasuk ke dalam jenis kerang yang rendah merkuri. Namun, moms perlu perhatikan betul dalam memasak kerang, pastikan kerang benar-benar matang hingga terbuka cangkangnya.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang?
baca juga

Manfaat Kerang Bagi Ibu Hamil

Tidak hanya lezat, manfaat kerang bagi ibu hamil baik pula untuk mengoptimalkan fungsi otak janin. Nutrisi dan gizi untuk ibu hamil dan janin juga akan terpenuhi. Bayi yang akan lahir tidak akan terkena masalah kekurangan berat badan jika kerang dikonsumsi saat hamil. Selain itu kerang juga bisa mengatasi tekanan darah tinggi yang bisa saja dialami oleh ibu hamil.

Manfaat Kerang Bagi Ibu Hamil

Bahaya Konsumsi Kerang Berlebihan

Kerang terkadang tinggal di tempat yang sudah tercemar limbah, dan kerang sendiri tidak memiliki filter sehingga dia tidak dapat menyaring racun yang ada di sekelilingnya. Hal itu yang membuat kerang bisa saja meracuni tubuh kit ajika dikonsumsi berlebihan. Jika dikonsumsi berlebihan pun, kerang akan menyebabkan tubuh mengalami kelelahan, diare, gatal-gatal pada kulit, dan terkena penyakit pembuluh darah karena tubuh kelebihan vitamin B12 dan selenium. Keracunan karena mengonsumsi kerang berlebihan juga bisa terjadi, moms.

Bahaya Konsumsi Kerang Berlebihan
baca juga

Aturan Konsumsi Kerang untuk Ibu Hamil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, moms perlu memperhatikan pengolahan kerang yang baik, selain itu saat membeli kerang, perhatikan betul kualitas dari kerangnya, ya moms. Jangan terlalu berlebihan pula saat mengonsumsi kerang, minimal 2-3 kali dalam seminggu. Moms bisa menghindari mengonsumsi kerang yang cangkangnya tertutup. Jika muncul alergi tubuh saat mengonsumsi kerang, sebaiknya berhenti untuk mengonsumsinya.

Aturan Konsumsi Kerang untuk Ibu Hamil