Kandungan Nutrisi Sayur Bayam Merah

Manfaat Sayur Bayam Merah untuk Anak dan Aturan Mengonsumsinya

Mendengar kata sayur bayam merah mungkin masih asing untuk beberapa Moms. Sayur bayam berwarna merah ini memang jarang dijumpai di penjual sayur keliling. Kelangkaannya ini saat bertolak belakang dengan kandungan nutrisinya yang berlimpah. Kandungan nutrisi bayam merah antara lain energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.  Selain itu ada pula vitamin A, B1 dan C.

Perbedaannya dengan bayam hijau adalah pada kandungan mineral kalsium, vitamin B3 (niasin) dan antosianin-pigmen alami yang lebih tinggi. Sementara bayam hijau memiliki kandungan klorofil dan betakaroten lebih tinggi daripada bayam merah.

Manfaat Sayur Bayam Merah untuk Anak

Manfaat Sayur Bayam Merah untuk Anak dan Aturan Mengonsumsinya

Khasiat dari bayam secara umum adalah meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan, sebagai obat disentri, baik untuk melancarkan proses buang air besar. Infus dari daun bayam merah 30% per oral dapat meningkatkan kadar besi serum, hemoglobin dan hematokrit.

Bukan hanya untuk menyembukan penyakit lho Moms. Manfaat sayur bayam merah untuk anak juga tak kalah banyak yaitu menunjang kesehatan pencernaan. Bayam mengandung vitamin K yang penting untuk kesehatan dan juga sebagai penunjang jaringan protein tulang dan tingkatkan penyerapan kalsium.

Salah satu kandungan nutrisi yang terpenting adalah beta karoten yang terkandung dalam bayam mampu mencegah asma. Zat besi merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah membantu pertumbuhan motorik, daya tangkap si kecil dan terhindar dari infeksi, flu hingga sakit kepala.

baca juga

Cara memasak Sayur Bayam Merah yang Benar

Manfaat Sayur Bayam Merah untuk Anak dan Aturan Mengonsumsinya

Cara memasak sayur bayam merah yang benar adalah dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis sebentar saja. Dengan memasak bayam makan kandungan vitamin A didalamnya akan meningkat lho Moms. Saat merebus bayam, pastikan air telah mendidih baru rebus selama satu menit saja. Sehingga daunnya masih terlihat hijau.

Bila bayam ditumis, maka tumislah selama satu menit saja dalam api besar agar bayam akan cepat matang dan masih berwarna hijau. Namun bila akan dibuat keripik, petiklah daun bayam dan keringkan daunnya per helai setelah dicuci, untuk mempermudah penggorengan dan hasilnya lebih krispi.

Pakai panci stainless steel saat memasak bayam. Agar zat besi dalam bayam tidak bereaksi dengan panci besi atau aluminium sehingga bayam akan lebih cepat berubah jadi kehitaman.
 

Aturan Konsumsi Sayur Bayam Merah Setelah dimasak

Manfaat Sayur Bayam Merah untuk Anak dan Aturan Mengonsumsinya

Aturan konsumsi sayur bayam merah setelah dimasak yaitu harus segera dikonsumsi. Karena Moms bila setelah 5 jam dimasak kandunagn senyawa nitrat yang ada didalam bayam akan berubah jadi nitrit dan bersifat racun.

Moms sebaiknya jangan memanaskan ulang sajian bayam sebab andungan zat besi yang ada dalam bayam akan teroksidasi menjadi racun bagi tubuh. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari bayam merah maka, masaklah bayam secukupnya sesuai dengan jumlah secukupnya dan segera dikonsumsi ya Moms. Selamat mencoba.