Manfaat Jahe Sebagai Obat Batuk


Jahe merupakan salah satu obat herbal yang dapat mengatasi batuk dengan alami dan telah digunakan oleh nenek moyang kita lho! Adapun jahe mengandung minyak esensial, antioksidan, oleoresin, dan analgesik.

Oleoresin mampu meredakan dan menekan batuk sedangkan analgesik membantu mengurangi rasa sakit dan iritasi yang terjadi pada tenggorokan yang menjadi cikal bakal timbulnya batuk. Sifat jahe yang hangat ketika dikonsumsi rupanya dapat menghilangkan lendir yang terdapat pada paru-paru penyebab batuk.

Manfaat Jahe Sebagai Obat Batuk
source: https://id.pinterest.com


 

Manfaat Jahe Sebagai Obat dan Cara Pengolahannya


Jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di pasaran ada banyak jahe dijual dalam beragam bentuk seperti jahe bubuk, sachetan, dan sebagainya. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal moms perlu menggunakan jahe murni dan belum tercampur dengan bahan lainnya untuk mempertahankan khasiat dari jahe itu sendiri. Berikut ini beberapa manfaat dari jahe yang perlu moms ketahui.

  1. Mengatasi masalah pencernaan
  2. Mengurangi rasa mual
  3. Meningkatkan kesuburan pria
  4. Mengatasi radang otot
  5. Melindungi dari kanker
  6. Mencegah penyakit kulit
  7. Mengurangi rasa sakit saat menstruasi
  8. Meredakan batuk
  9. Mengontrol kadar gula pada darah
  10. Menyembuhkan migrain
Moms, saat ingin mengolah jahe pilihlah jahe yang paling segar. Berikut ini cara mengolah jahe menjadi minuman obat herbal yang berguna untuk meredakan beberapa penyakit.
  1. Parut 1,5 sendok teh jahe segar
  2. Rebus 4 gelas air
  3. Tambahkan jahe ke dalam air
  4. Biarkan jahe meresap selama sekitar 5-10 menit
  5. Saring airnya untuk memisahkan parutan jahe
  6. Air jahe dapat diminum baik panas maupun dingin.
  7. Moms juga dapat membuat beberapa variasi dengan menambahkan madu atau perasan air lemon
Namun perlu diketahui meski minum jahe bagus untuk kesehatan akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik lho! Mengkonsumsi jahe secara berlebihan akan membuat perut jadi sakit, perut kembung dan terasa panas. 

Maka dari itu tidak dianjurkan mengkonsumsi jahe lebih dari 4 gram dalam sehari. Begitu juga dengan ibu yang sedang hamil, sangat dianjurkan konsultasi ke dokter untuk menghindari risiko komplikasi pada kehamilan.
Manfaat Jahe Sebagai Obat dan Cara Pengolahannya
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Manfaat Jahe Sebagai Obat Diet


Nah, jika mommy sedang dalam program diet ternyata minum jahe dapat membantu untuk menurunkan berat badan lho! Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi jahe dalam keadaan panas dapat membuat moms merasa kenyang lebih lama, alhasil moms tidak akan makan berlebih setelah minum jahe panas.

Minum jahe akan menekan nafsu makan, meningkatkan laju metabolisme tubuh, dan membakar kalori. Moms dapat minum jahe panas 2 sampai 3 kali sehari untuk memperlancar pencernaan, mengunyah irisan jahe sebelum makan atau menambahkan jahe pada campuran madu dan lemon, dan menambahkan jahe sebagai bumbu rempah makanan.

Agar khasiat jahe dapat bekerja secara efektif moms juga perlu melakukan olahraga  secara rutin dan memperhatikan asupan makanan agar berat badan terkontrol. 

Manfaat Jahe Sebagai Obat Diet
source: https://id.pinterest.com

Jahe sebagai obat tradisional banyak memberikan manfaat bagi kehidupan kita. Namun meski baik untuk tubuh, mengkonsumsi jahe jangan terlalu banyak ya moms, agar sesuatu yang baik tidak berubah jadi merusak tubuh. Nah, dari beberapa manfaat jahe tersebut semoga bermanfaat dan menambah informasi mommy dan keluarga ya!