Mentega tawar tidak memiliki kandungan garam sehingga tidak asin. Akan tetapi, mentega ini tetap bisa digunakan untuk membuat macam-macam sajian kuliner. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mentega tawar untuk makanan yang perlu Moms tahu.

Cara Melelehkan Mentega Tawar

source : https://bakingbites.com

Ada banyak sekali cara untuk melelehkan mentega tawar. Salah satunya adalah melelehkan mentega di atas kompor jika Moms menginginkan mentega mencair sempurna dan merata. Ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk Moms yang ingin menghemat waktu dan lebih praktis yaitu dengan menggunakan oven microwave.

Jika Moms ingin melelehkan mentega tawar dengan menggunakan kompor, pastikan menggunakan api sangat kecil. Potong mentega dalam ukuran kecil supaya tidak butuh waktu lama untuk melelehkannya.

Melelehkan mentega tidak perlu sampai mendidih, jika sekiranya sudah leleh langsung segera angkat agar tidak gosong. Jika masih ada sebagian yang belum leleh, aduk-aduk sampai yang belum leleh menjadi meleleh. Jadi tidak perlu menunggu seluruhnya meleleh.

 

Cara Menyimpan Mentega Tawar

 

source : https://milkbusiness.com



Mentega tawar adalah mentega yang tidak memiliki kandungan garam sehingga tidak bisa disimpan secara sembarangan. Mentega mudah meleleh bila berada diruangan yang terlalu panas. Sebaiknya simpan diruangan yang tidak terlalu panas atau Moms bisa menyimpannya di kulkas. 

Menurut beberapa ahli mentega yang berada di wadah kedap udara tidak masalah bila disimpan di lemari penyimpanan hingga dua minggu setelah dibuka. Namun, ada ahli lain yang menyarankan batas maksimal menyimpan mentega yang dibuka maksimal hanya dua hari.

 

baca juga

Mentega Tawar Di Indomaret

Ada banyak sekali merk mentega tawar di pasaran, di bawah ini adalah dua merk mentega tawar yang ada di Indomaret.
 

  • Elle & Vire
source : https://elle-et-vire.com
 
  • Anchor 
source : https://shopee.co.id


 

Mentega Tawar untuk Bayi


 

source : https://abelandcole.co.uk

Mentega tawar adalah salah satu jenis lemak tambahan yang biasa digunakan dalam MPASI bayi. Lemak sangat penting untuk membantu tumbuh kembang bayi. Pertumbuhan badan dan otak bayi banyak didukung oleh keberadaan lemak.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk selalu memilih mentega tawar karena garam berlebih tidak baik untuk ginjal bayi. Mentega tawar baik untuk bayi karena sangat bergizi, dapat memberikan lemak dan kolesterol yang diperlukan, juga vitamin A, asam linoleat terkonjugasi dan asam lemak esensial. Moms bisa memilih 2 merk mentega tawar untuk si kecil yaitu merk LURPAK dan ELLE & VIRE.

Nah, itulah Moms serba-serbi mentega cair yang perlu Moms tahu. Semoga bermanfaat ya Moms.