Bawang hitam
Bawang hitam atau black garlic merupakan jenis bawang putih yang diproses secara alami melalui suhu dan juga kelembaban yang dikontrol ketat sehingga tercipta formulasi kimia yang akhirnya menghasilkan bawang hitam. 

Proses tersebut akan mengubah warna bawang putih menjadi hitam dan juga mengubah sifat kimia. Ini juga akan mengubah rasanya menjadi lebih manis dan aroma yang tidak terlalu kuat. Tekstur bawang hitam juga terasa lebih lembut dan kenyal seperti agar.

Tinggi Antioksidan, Bawang Hitam Ampuh Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan Dini
source: https://www.google.co.id/amp/blog.tribunjualbeli.com/amp/19224/10-manfaat-kesehatan-rutin-konsumsi-bawang-hitam-yang-jarang-diketahui

Bawang hitam mengandung banyak antioksidan karena kandungan alisin pada bawang putih yang telah mengalami reaksi kimia berubah menjadi berbagai senyawa antioksidan. Beberapa senyawa antioksidan yang terbentuk di antaranya adalah amadori, hidroksimetilfurfural, organosulfur, dan piruvat. Bawang hitam mengandung semua senyawa antioksidan tersebut dengan konsentrasi tinggi.

Tingginya zat antioksidan yang terkandung di dalam bawang hitam, membuatnya memiliki khasiat yang menakjubkan terutama dalam dunia kecantikan. Apa saja ya?

Manfaat bawang hitam untuk kecantikan

Tinggi Antioksidan, Bawang Hitam Ampuh Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan Dini
source: https://www.alodokter.com/tips-merawat-kecantikan-wanita-sebelum-tidur

Perawatan kecantikan umum dilakukan oleh kaum hawa. Tak ketinggalan beberapa produk skincare dicoba, namun tahukah Moms merawat kecantikan dengan bahan-bahan alami jauh lebih menyehatkan karena kulit Moms tidak banyak terpapar zat kimia dari produk-produk skincare dan yang pasti harganya jauh lebih terjangkau.

baca juga

Bawang hitam untuk mencegah jerawat
Jerawat umum ditemukan pada kulit berminyak, ditambah dengan pola hidup yang tidak sehat, paparan debu & polusi juga menyebabkan terjadinya jerawat. Jika Moms mengalami permasalahan tersebut, Moms bisa menggunakan masker bawang hitam untuk mengatasinya, caranya adalah:

Tinggi Antioksidan, Bawang Hitam Ampuh Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan Dini
source: https://www.google.co.id/amp/s/m.merdeka.com/amp/sehat/17-cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami-dan-cepat-untuk-wanita-dan-pria-kln.html
  1. Ambil 1 siung saja bawang hitam, lalu haluskan
  2. Oleskan sebagai masker pada bagian wajah yang terkena jerawat
  3. Diamkan selama 10 menit
  4. Lebih baik gunakan masker tersebut sebelum tidur
  5. Untuk hasil yang optimal, lakukan treatment tersebut secara rutin.

Bawang hitam untuk membersihkan komedo
Komedo memang nampak kecil, namun kehadirannya sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, segeralah hapus komedo dari wajah Moms dengan bawang hitam. Berikut cara menggunakannya:

Tinggi Antioksidan, Bawang Hitam Ampuh Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan Dini
source: https://www.kepogaul.com/cewek/cara-menghilangkan-komedo-secara-alami/
  1. Ambil beberapa siung bawang hitam
  2. Kemudian haluskan bawang tersebut
  3. Lalu oleskan pada bagian komedo di wajah dan biarkan selama 10 menit
  4. Bilas hingga bersih
  5. Atau Moms bisa mengonsumsinya secara rutin, 2-3 siung perhari
baca juga

Bawang hitam untuk mencegah penuaan dini
Penuaan dini umumnya terjadi pada wanita lanjut usia, namun bagaimana jika tanda-tanda penuaan dini seperti keriput muncul sebelum waktunya? Tentunya sangat mengganggu penampilan ya Moms.

Tinggi Antioksidan, Bawang Hitam Ampuh Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan Dini
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.meroket.com/cara-mencegah-penuaan-dini-pada-wanita/

Untuk mencegah penuaan dini ini, Moms bisa lho menggunakan bawang hitam ini. Karena di dalamnya terdapat kandungan minyak atsiri dan vitamin A yang bersifat anti-inflamasi dan antibakterial, mampu melindungi kulit dari serangan berbagai macam virus, bakteri dan lainnya yang menyebabkan penuaan dini. Gunakan bawang hitam sebagai masker wajah atau konsumsi bawang tersebut secara rutin.

Bawang hitam untuk menghilangkan bekas luka
Luka yang sudah membekas dan telah berlangsung biasanya akan sulit dihilangkan dan pastinya sangat mengganggu penampilan, apalagi jika bekas luka tersebut terdapat di bagian yang terlihat seperti di wajah. 

Tinggi Antioksidan, Bawang Hitam Ampuh Atasi Jerawat Hingga Cegah Penuaan Dini
source: https://www.google.co.id/amp/wow.tribunnews.com/amp/2019/02/15/5-cara-menghilangkan-bekas-luka-bakar-di-kulit-dengan-bahan-alami-di-rumah

Untuk menghilangkan bekas luka ini Moms bisa memanfaatkan bawang hitam. Senyawa pada bawang hitam yang bersifat anti radang mampu membersihkan sisa luka dan bekas luka pada kulit. Tanpa menggunakan perawatan yang mahal, Moms tetap bisa menghilangkan bekas luka tersebut dengan bawang hitam sebagai pengobatan yang alami.

Caranya juga cukup mudah. Moms hanya perlu rutin mengoleskan bawang hitam yang sudah dihaluskan pada kulit yang terdapat bekas lukanya.

Nah, Moms berniat beralih ke perawatan kecantikan alami menggunakan bawang hitam?