Jerawat


Ternyata enggak hanya orang dewasa saja yang terkena jerawat, tapi bayi juga lho, Moms. Salah satu penyebabnya karena perubahan lingkungan ketika bayi lahir. Ada bayi yang memiliki jerawat sejak lahir dan ada pula yang baru terkena beberapa minggu setelah lahir. Jerawat pada bayi biasanya terdapat di pipi, dahi, dagu dan punggung.

Kulit bayi yang iritasi karena residu susu, air ludah dan tergesek pakaian berpermukaan kasar juga disebut sebagai jerawat.  Kamu enggak perlu mengobati jerawat bayi dengan obat, karena akan sembuh dengan sendirinya.
 

source: http://www.momtastic.com


 

Cacar Air


Untuk mengetahui apakah bayi mengalami cacar air, maka cek dulu gejala yang dialaminya. Umumnya gejala cacar air pada bayi adalah sakit kepala. demam, kehilangan nafsu makan, mual dan nyeri pada otot. Selain itu, muncul bisul yang berisi cairan. Nah, apabila bayimu mengalami cacar air maka jangan diamkan saja, tetapi segera bawa ke dokter anak untuk diobati ya, Moms!
 

source: https://www.tesco-baby.com


 

baca juga

Cradle Crap


Cradle crap bentuknya seperti ketombe di kepala bayi, dan dalam jumlah yang sangat banyak. Cradle crap ini sering ditemui pada bayi baru lahir, dengan gejala awal ruam merah, lalu berakhir dengan bercak-bercak bersisik. Ternyata selain di kepala, cradle crap juga bisa mengenai wajah, area popok, ketiak, leher dan hidung bayi lho, Moms. Tapi kamu enggak perlu khawatir jika buah hatimu mengalami hal ini, karena cradle crap bisa hilang dengan digosok dan dicuci. 
 

source: https://www.babypibu.com


 

Eksim


Eksim atau eksema termasuk gangguan kulit yang parah dan membuat bayi tersiksa karena akan merasakan gatal luar biasa. Biasanya gejala yang muncul adalah tejadi lepuhan di kulit dan mengelurkan cairan ataupun darah. Kalau bayi mengalaminya, pasti akan menangis dan rewel luar biasa. Segera bawa bayi ke dokter jika terkena eksim, Moms, agar segera diberikan obat untuk mengatasi perih dan gatal yang dirasakannya! 
 

source: http://www.parents.com


 

baca juga

Campak


Kalau bayi terkena campak, maka ia akan memperlihatkan gejala seperti pilek, demam, mata sakit dan bengkak, batuk dan terdapat bintik putih di mulutnya. Bintik merah baru akan muncul setelah beberapa hari di bagian wajah, leher dan belakang telinga. Campak ini disebabkan oleh virus dan akan sembuh dengan sendirinya. Karena itu, jangan terlalu khawatir berlebihan saat buah hatimu mengalaminya. 
 

source: http://www.huffingtonpost.co.uk


 

Milia


Gangguan kulit yang sering ditemukan pada wajah bayi baru lahir berupa bintik putih disebut dengan milia. Milia termasuk gangguan kesehatan kulit bayi yang enggak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 6 minggu.  
 

source: http://healthooze.com


 

Ruam Popok


Nah, gangguan kesehatan kulit bayi ini adalah keluhan hampir semua ibu. Karena pemakaian popok yang kurang tepat, maka bayi sering mengalami ruam di sekitar area popok dan alat kelamin. Ruam berwarna merah dan terasa perih ini umumnya dialami bayi pada setahun pertama. Tapi, kalau kamu tahu cara memakaikan bayimu popok dengan benar, maka ruam popok bisa dihindari kok. 
 

source: https://www.babycenter.com