1) Beri Contoh yang Baik

Orangtua harus memberikan contoh yang baik kepada anak di rumah. Mulai dari menjalankan pola hidup yang sehat dan pola makan teratur. Jika kamu mengonsumsi makanan sehat dan menjauhi makanan enggak sehat seperti junkfood dan fastfood, maka anak juga akan melihat hal tersebut dan tidak meminta makanan tidak sehat. Dengan demikian, ia pun tidak berisiko tinggi mengalami kanker. 
 

1) Beri Contoh yang Baik
source: http://healthnetpulse.com/


 
baca juga

2) Tidak Boleh Merokok

Kanker pada anak salah satunya disebabkan paparan zat beracun secara terus menerus seperi asap rokok lho. So, sebaiknya orangtua menghindari rokok saat bersama anak ataupun di dalam rumah. Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan kalau, zat beracun dalam rokok akan menempel pada perabot di dalam rumah dalam waktu yang lama.

Zat itu kemudian akan berpindah jika anak atau anggota keluarga bersentuhan dengan benda tersebut. Jadi enggak hanya asap rokok saja berbahaya, tetapi zat dalam rokok yang menempel pada barang-barang sekitar. 
 

2) Tidak Boleh Merokok
source: http://www.hindustantimes.com/


 

3) Konsusmi Banyak Sayur dan Buah

Biasakan anak untuk mengonsumsi sayuran berwarna hijau dan buah berwarna terang, karena mengandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Memang anak-anak enggak doyan mengonsumsi sayur dan buah, tapi kalau kamu membiasakannya dari kecil, maka ia akan suka dengan sayur dan buah. 
 

3) Konsusmi Banyak Sayur dan Buah
source: http://nspt4kids.com



 

baca juga

4) Batasi Konsumsi Gula dan Garam

Penting banget untuk membatasi konsumsi garam dan gula oleh anak setiap hari. Kenapa? Karena garam yang berlebihan dapat meracuni sel sehat dan tubuh dan gula bisa mengembangkan sel kanker. Jadi, jangan pernah membawa camilan yang tinggi garam dan gula ke rumah untuk anak ya! Mendingan kamu ganti dengan membelikannya buah-buahan.
 

4) Batasi Konsumsi Gula dan Garam
source: http://www.npr.org/



 

5) Jangan Terlalu Protektif pada Anak

Tidak sedikit orangtua yang melarang anaknya untuk bermain kotor-kotoran karena khawatir anak terkena kuman penyakit. Tapi, ternyata berani kotor itu juga ada baiknya lho, Moms!

Kalau anak sesekali bersentuhan dengan sesuatu yang tidak bersih, maka akan membuat sistem kekebalan tubuhnya bekerja lebih efektif. Sebuah riset membuktikan kalau anak-anak yang memiliki hewan peliharaan, memiliki sistem imun yang lebih baik. Ini fakta lho, Moms!
 

5) Jangan Terlalu Protektif pada Anak
source: http://www.newkidscenter.com/