Sebut saja beragam aneka kue basah tradisional, es daun pandan, dan kolak. Namun, tidak hanya itu, daun pandan wangi juga memiliki manfaat lain seperti sebagai pewarna hijau alami pada makanan, serta asupan penambah nafsu makan. Bahkan, aromanya pun sering digunakan sebagai bahan dalam aroma terapi.

Daun Pandan Wangi

Ragam Manfaat Daun Pandan Wangi, Bisa Menambah Nafsu Makan Dan Menenangkan
source: https://www.kumparan.com/


Daun pandan wangi adalah salah satu jenis tumbuhan berjenis monokotil yang merupakan famili Pandanaceae. Daun ini disebut sebagai daun pandan wangi karena memiliki daun yang beraroma khas. Tanaman yang banyak tumbuh di wilayan Asia ini kerap menjadi bahan penting dalam olahan makanan dan masakan Indonesia. Begitu pula di negara-negara Asia Tenggara lain.
 


Manfaat Daun Pandan Wangi
 

Ragam Manfaat Daun Pandan Wangi, Bisa Menambah Nafsu Makan Dan Menenangkan
source: https://hellosehat.com/


Daun pandan wangi dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Zat hijau alami dalam daun ini sering digunakan sebagai pewarna alami makanan untuk warna hijau yang cantik dan segar. Selain itu, aromanya juga sangat wangi sehingga membuat olahan makanan dan kue menjadi lebih harum. 
 

baca juga


Daun Pandan Wangi Sebagai Obat
 

Ragam Manfaat Daun Pandan Wangi, Bisa Menambah Nafsu Makan Dan Menenangkan
source: http://sehatunikmat.blogspot.com/


Sebagian dari Mommy pasti bertanya, apakah ada khasiat herbal dari daun pandan wangi? Jika ada, daun pandan wangi obat apa? Nah, daun pandan tak hanya berfungsi sebagai bahan untuk mewarnai dan memberikan aroma harum pada masakan saja.

Tanaman ini juga memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Sebut saja beragam kandungan minyak esensial seperti tanin, glikosida, serta alkaloid dan diikuti juga dengan komponen laksatif yang mampu membantu menambah energi tubuh hingga menghilangkan insomnia karena bersifat menenangkan.

Selain itu, berikut ini ada beberapa manfaat dair daun pandan wangi yang dapat Mommy dapatkan, di antaranya:
 


1. Daun Pandan Wangi Untuk Syaraf Kejepit
 

Ragam Manfaat Daun Pandan Wangi, Bisa Menambah Nafsu Makan Dan Menenangkan
source: https://www.jawapos.com/


Air rebusan daun pandan ternyata dapat dimanfaatkan sebagai upaya penyembuhan alami pada keluhan syaraf kejepit. Pasalnya, daun ini memiliki kandungan alkaloid, saponin, tanin, polifenol, serta falvonoid yang bekerja memberikan relaksasi pada tubuh, termasuk otot dan jaringan syaraf. Mommy cukup meminum air rebusan daun pandan yang sudah diiris setiap pagi dan sore hari.
 

baca juga


2. Daun Pandan Wangi Obat Lemah Syahwat
 

Ragam Manfaat Daun Pandan Wangi, Bisa Menambah Nafsu Makan Dan Menenangkan
source: http://www.tribunnews.com/


Pandan wangi juga memiliki manfaat untuk mengatasi lemah syahwat pada kaum pria. Untuk membuat ramuannya, Mommy hanya perlu menggunakan 3 lembar daun pandan wangi. Kemudian, cuci bersih daun-daun tersebut dengan air mengalir bersih.

Iris daun kecil-kecil, dan rebus dengan menggunakan 4 gelas air hingga nanti tersisa sebanyak 2 gelas. Minum air rebusan pandan ini setidaknya 2 kali sehari pada pagi dan sore hari secara teratur dengan masing-masing 1 gelas.  

Itulah ulasan mengenai beragam manfaat dari daun pandan wangi yang bisa Mommy peroleh. Jadi, jangan sepelekan daun yang satu ini, ya!