Aneka Bumbu Nasi Goreng Khas Indonesia

1. Nasi Goreng Jawa

1. Nasi Goreng Jawa

Siapa sih yang tak kenal dengan nasi goreng jawa? Hampir sebagian besar, nasi goreng yang dijual abang-abang adalah jenis nasi goreng ini. Selain lezat, nasi goreng jawa pun sangat mudah untuk dibuat. Bumbu inti dari nasi goreng jawa sangat mudah ditemukan, seperti bawang putih, bawang merah, cabe merah (opsional), kecap dan tambahan topping seperti telur, ayam atau sosis bisa diberikan untuk menambah gizi. Bahkan, kini begitu banyak bumbu nasi goreng instant yang dijual di supermarket atau minimarket yang semakin memudahkan Moms. Namun, bahan alami tetap lebih baik ya Moms untuk si kecil. 

baca juga

2. Nasi Goreng Padang

2. Nasi Goreng Padang

Meskipun masakan padang terkenal dengan rempah-rempah yang banyak dan cara pemasakan yang rumit. Nasi goreng padang tergolong lebih mudah dibandingkan masakan padang lainnya. Bumbu inti seperti bawang merah, bawang putih dan cabe merah tetap ada, akan tetapi Moms perlu tahu kalau nasi goreng padang memiliki rasa yang khas dari daun bawang dan seledri yang banyak. Dari tekstur nasi gorengnya pun, nasi goreng padang lebih kering dibanding nasi goreng yang lainnya. Biasanya nasi goreng padang disajikan dengan telur mata sapi, mentimun, kol mentah dan tomat. Tetap mudah kan, Moms?

3. Nasi Goreng Putih

3. Nasi Goreng Putih

Mendengar nasi goreng putih, pasti langsung flashback ke masa-masa SD ya, Moms. Nasi goreng ini sangat mudah namun sangat lezat untuk dijadikan sarapan maupun makan siang. Bumbunya sangat mudah, hanya memerlukan bawang putih dan bawang merah yang diiris tipis. Biasanya, nasi goreng putih sangat gurih dengan rasa margarin atau butter. Nasi goreng putih ini pun, lebih nikmat jika ditambah topping seperti telur orak-arik, wortel, dan kacang polong. Lebih mudah dibandingkan nasi goreng lainnya ya, Moms.

Setelah mengetahui bumbu-bumbu nasi goreng khas Indonesia. Sekarang, yuk bikin nasi goreng ala restoran yang bisa Moms coba di rumah. Pelajari resepnya di bawah ini ya, Moms. 

baca juga

Resep Nasi Goreng Ala Restoran

Resep Nasi Goreng Ala Restoran

Bahan:

  1. Nasi dingin
  2. Bawang putih
  3. Cabe merah
  4. Merica
  5. Kecap asin
  6. Kecap manis
  7. Minyak wijen
  8. Telur orak-arik
  9. Suiran dada ayam
  10. Butter
  11. Saus tiram
Cara memasak:
  1. Iris bawang putih, cabe merah hingga lembut.
  2. Tumis bumbu dengan menggunakan butter hingga harum.
  3. Masukkan nasi dingin, telur orak-arik, dan ayam suir. Lalu aduk hingga rata.
  4. Tambahkan kecap asin, kecap manis, saus tiram, merica dan sedikit minyak wijen untuk menambah rasa.
  5. Aduk hingga rata dengan api sedang.
  6. Nasi goreng siap dihidangkan. 
Mudah bukan, Moms. Selamat mencoba!