Jambu jamaika merupakan jenis jambu yang masih satu famili dengan jambu air biasa. Meskipun sekilas terlihat seperti jambu air biasa, namun ukuran jambu jamaika ini sangat mirip dengan jambu bol. Jambu jamaika sendiri diberi nama jamaika bukan semata-mata karena berasal dari negara tersebut, melainkan karena faktor warna. Semakin matang jambu jamaika, semakin merah menuju hitam juga warnanya. Karena karakteristik itu lah mengapa jambu ini dinamai jambu jamaika. 

Harga Jambu Jamaika

Harga Jambu Jamaika

Meskipun jambu jamaika terdengar asing, namun harga yang ditawarkan cukup terjangkau kok Moms. Moms bisa mendapatkan jambu jamaika dengan harga Rp23.000 - Rp25.000/kg. Namun ingat Moms, karena jambu jamaika ini berukuran besar, bisa jadi dalam sekilo Moms hanya mendapatkan 2 buah saja. Jika Moms berencana untuk menanam jambu jamaika ini, Moms bisa membeli bibitnya dengan kisaran harga Rp40.000 - Rp200.000 tergantung dari kualitas bibit. 

baca juga

Budidaya Jambu Jamaika

Budidaya Jambu Jamaika

Jika Moms ingin membudidayakan jambu jamaika ini, Moms bisa memilih bibit yang berasal dari vegetatif (cangkok) atau generatif (biji). Jambu jamaika ini dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang subur dan gembur dengan pH tanah antara 5,5-7,5. Selain itu, jambu jamaika lebih baik ditanam di daerah daratan ketinggian 1200 mdpl dengan suhu udara sekitar 18-28 °C, curah hujan sekitar 500-3000 mm per tahunnya, intensitas cahaya sekitar 40-80% dan kelembapan udara sekitar 50-80%. Sebaiknya, sebelum menanam jambu jamaika ini, tanah yang akan ditanami diberi perawatan terlebih dahulu yaitu dengan pemupukan dan pengapuran.

Perlu Moms ketahui bahwa tanaman jambu jamaika dapat berbuah pada 9-13 bulan (vegetatif) dan 2-3 tahun (generatif). Meskipun jambu jamaika ini buah lokal, tapi harga jual dipasaran tergolong tinggi jika dilihat dari massa jambunya, sehingga dapat menguntungkan Moms. 

Jambu Jamaika dalam Pot

Jambu Jamaika dalam Pot

Tak perlu berkecil hati Moms jika ingin membudidayakan jambu jamaika namun tidak memiliki lahan yang luas. Moms tetap bisa kok membudidayakan jambu jamaika dalam pot. Cara penanaman tetap sama dengan budidaya konvensional. Namun penanaman dalam pot ini dapat dijadikan suatu alternatif. Jangan lupa untuk rutin menyiram dan memberikan nutrisi lebih seperti pupuk agar jambu jamaika cepat tumbuh dan berbuah. 

baca juga

Cara Agar Jambu Jamaika Cepat Berbuah

Cara Agar Jambu Jamaika Cepat Berbuah

Jika dilihat berdasarkan pertumbuhan alami, jambu jamaika tergolong lama untuk berbuah. Eits... Tapi enggak perlu pusing Moms. Ada kok cara untuk mempercepat pohon jambu jamaika agar berbunga dan berbuah lebat. Menurut beberapa petani yang telah mencobanya, Moms bisa memberikan POC Biogan pada jambu jamaika. Sesuaikan dosisnya ya, Moms. Karena jika berlebihan dapat mempengaruhi kualitas jambu jamaika.

Semoga bermanfaat, Moms.